MotoGP

Dovi Berikan Masukan Positif pada Aprilia

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 28 April 2021
Dovi Berikan Masukan Positif pada Aprilia
Dovi menjajal Aprilia RS-GP 21 di Jerez, Spanyol. (Foto: MotoGP)

ANDREA Dovizioso memang bukan nama asing di dunia balap MotoGP. Dengan pengalamannya berlaga di sirkuit-sirkuit bergengsi menjadi pengetahuan yang mahal harganya bagi tim Aprilia.

Apalagi Dovi sudah diberi kesempatan menjajal Aprilia RS-GP 21 pada pertengahan April lalu di Jerez, Spanyol. Dari sesi privat yang diakukannya itu, Dovi memberikan masukan yang memang sama sekali baru bagi Aprilia.

Baca Juga:

Teknologi Baru yang Disematkan pada Motor Balap MotoGP

motogp
Aprilia dapat masukan positif dari Dovi. (Foto: MotoGP)

Produsen sepeda motor asal Noale ini bisa tersenyum lebar mendapatkan masukan positif dari mantan pebalap Ducati itu. Namun perlu diketahui bahwa desain RS-GP 21 atas format tubuh Aleix Espargaro yang menjulang. Pad uji coba pertamanya, Dovi mengatakan bahwa motor ini tidak memberikannya kesulitan dalam 4-5 lap uji coba. Hanya saja Dovi harus beradaptasi dengan faktor ergonomi dari motornya.

Di Sirkuit Jerez, Dovi ditemani oleh Massimo Rivola (CEO Aprilia), Romano Albesiano (Direktur Teknis) dan kedua pembalap Aleix Espargaro dan Lorenzo Savadori.

Aprilia memberikan kesempatan kedua kepada Dovizioso di Mugello, Italia pada 11-12 Mei mendatang. Pada tes pertama, Dovi hanya fokus untuk memperbaiki setelan ergonomi. Awalnya, ada sedikit kesulitan saat menjajal motor karena dia sudah lama tidak bertarung di kelas premier.

“Situasi kami saat ini sangat menguntungkan. Kita lihat saja kedepannya, karena sungguh menarik melihat bagaimana dia melakukan pendekatan terhadap pekerjaannya. Dia memberi kami pentunjuk tentang hal-hal baru. Pastinya, kami juga harus mengembangkan ide-ide ini dan menunjukkannya kepada para pembalap kami,” kata Albesiano.

Baca Juga:

MotoGP, Olahraga Mahal Hingga Miliaran Rupiah

balapan
Mungkinkah Dovi bergabung dengan Aprilia? (Foto: MotoGP)

Albesiano jugaa mengatakan bahwa dari pengalaman yang dimiliki oleh Dovi dapat memberikan perbaikan pada motor dan performanya. Termasuk pada masalah ergonomi. "Kami masih perlu memperbaiki ergonomi. Saat ini dia (Dovi) baru mengenal elektronik dan karakter mesin saja,” ungkap Albesiano.

Tentu hasil positif yang keluar dari uji coba itu memberikan sinyal-sinyal cerah bagi Aprilia. Perlu diketahui bahwa pada tahun lalu Dovi penah menolak bergabung dengan Aprilia baik sebagai pebalap mau pengujicoba. Namun Espargaro dalam pra musim MotoGP menunjukan performa motor yang baik, dan ini membuat Dovi tertarik untuk melihat Aprilia.

Hanya saja bila memang Dovi masuk ke Aprilia, bisa dipastikan pebalap Lorenzo Savadori tergusur dari posisi pebalap utama. Dovi mungkin akan tampil kembali di MotoGP berpasangan dengan Espargaro. Sinyal Savadori bisa dibuang karena dia baru mengumpulkan dua poin setelah MotoGP Portugal lalu. (psr)

Baca juga:

Bahaya, Ukuran Ban Depan dan Belakang Sepeda Motor Tak Boleh Sama

#MotoGP
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan