Dorong Partisipasi Forum IPEF, Indonesia Perkuat Kerja Sama dengan India

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 12 September 2022
Dorong Partisipasi Forum IPEF, Indonesia Perkuat Kerja Sama dengan India
Indonesia perkuat kerja sama dengan India untuk mendorong partisipasi forum Indo Pacific Economic Framework (IPEF). (Foto: Ist)

MerahPutih.com - Pemerintah Indonesia terus meningkatkan kerja sama dengan negara lain dalam rangka pemulihan ekonomi setelah babak belur dihantam pandemi COVID-19. Kerja sama yang tengah dipererat salah satunya dengan India.

Indonesia perkuat kerja sama dengan India untuk mendorong partisipasi forum Indo Pacific Economic Framework (IPEF).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, India dan Indonesia secara domestik sedang mengkaji berbagai manfaat dari kerja sama regional IPEF untuk kepentingan kedua negara dan sepakat untuk saling mendukung keterlibatan kedua negara dalam kerja sama regional tersebut.

Baca Juga:

Indonesia Segera Miliki Bursa Kripto

Pemerintah Indonesia mengimplementasikan kebijakan yang menyeimbangkan aspek kesehatan, sosial, dan ekonomi untuk mengatasi dampak yang disebabkan pandemi. Perekonomian Indonesia tercatat mampu tumbuh mencapai sebesar 5,01 persen (yoy) pada kuartal pertama 2022 dan 5,44 persen (yoy) pada kuartal kedua 2022, serta diproyeksikan akan tumbuh pada kisaran 4,5 persen - 5,3 persen pada penutupan tahun ini.

Tren positif ini diikuti dengan pulihnya beberapa indikator ekonomi, seperti konsumsi masyarakat, peningkatan investasi baik PMDN maupun PMA, termasuk dari sektor eksternal di mana surplus dalam neraca perdagangan terus berlanjut yang tercatat sebesar USD 7,23 Miliar.

"Pencapaian ini tentu saja berkat kerja sama yang erat antara Indonesia dengan banyak partner country, termasuk India," jelas Airlangga.

Baca Juga:

Perdagangan Indonesia Dengan AS Ditargetkan Capai USD 60 Miliar

Pemerintah India menyatakan dukungannya atas Presidensi G20 Indonesia akan puncaknya akan digelar di Bali pada November mendatang.

"Kami memerlukan dukungan agar dapat tercapai hasil konkret dari KTT G20 di Bali November mendatang, di mana India akan menjadi anggota Troika dengan Indonesia setelah KTT tersebut," ujar Airlangga.

Pertemuan juga membahas mengenai pengembangan kerja sama di bidang farmasi dengan kemungkinan India membangun manufaktur di Indonesia. Sebagai tambahan informasi, perusahaan India telah menjalin kerja sama dengan Kalbe Farma sejak tahun 2018. Terkait kerja sama Andaman and Nicobar, Menko Airlangga mendorong realisasi joint task force dengan Pemerintah Provinsi Aceh.

"Kami mengharapkan realisasi dari kerja sama ini gugus tugas gabungan pemerintah India dan Pemerintah Provinsi Aceh dapat segera menghasilkan berbagai low hanging fruits," ujar Airlangga. (Asp)

Baca Juga:

CoinDesk Indonesia Hadir Perkuat Literasi Aset Kripto Tanah Air

#Ekonomi Indonesia #Pertumbuhan Ekonomi
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan