Dongkrak Wisatawan, Banten Agendakan Tiga Event Besar pada 2016

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Kamis, 31 Desember 2015
Dongkrak Wisatawan, Banten Agendakan Tiga Event Besar pada 2016
Tasyakuran dan Pesta Laut Panimbang 2013. (Foto: disbudpar. pandeglangkab.go.id)

MerahPutih Wisata - Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan terus berupaya mendongkrak kunjungan wisatawan ke provinsi paling barat Pulau Jawa itu. Salah satu upaya untuk menarik minat wisata ke wilayah-wilayah di Banten dengan menggelar festival dalam skala besar di beberapa kabupaten/kota.

"Kita juga akan gandeng nasional untuk agenda ini," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Provinsi Banten Ali Fadilah kepada merahputih.com melalui sambungan telepon, Rabu (30/12).

Ali mengatakan, tiga acara pariwisata-budaya tersebut masih dalam tahap rencana. Konsep matang masih digodong, dan pihak provinsi masih berkonsolidasi dengan kabupaten/kota terkait.

Pertama, hajatan besar masyarakat Banten tersebut akan digelar di Pantai Carita-Anyer pada Oktober 2016, bernama Banten Beach Festival 2016. Vestival tersebut untuk menghidupkan kembali nama besar Pantai Anyer, Serang, dan Pantai Carita Kabupaten Pandeglang. Seperti diketahui, kedua pantai yang sudah familiar menjadi tujuan wisata itu memanjang di pesisir barat kedua wilayah di Pandeglang dan Serang.

Kedua, Festival Tanjung Lesung 2016 yang rencananya digelar antara bulan Juli-Agustus 2016. Festival budaya dan pariwisata bahari tersebut akan digelar di kawasan Tanjung Lesung, destinasi pantai andalan Kabupaten Pandeglang.

Tanjung Lesung merupakan destinasi wisata bahari andalan di sebelah selatan Kabupaten Pandeglang. Tanjung Lesung merupakan jalur menuju arah Taman Nasional Ujung Kulon. Meski memiliki jarak cukup jauh dari Pandeglang kota, Tanjung Lesung menjadi incaran para pecinta pantai karena pantainya yang indah dengan pasir putih, dan dengan berbagai macam petualangan bahari. Sarana wisata terus tumbuh.

"Ini kita punya andalan, Tanjung Lesung merupakan satu dari sepuluh destinasi prioritas nasional," kata Ali.

Sementara itu, agenda lain pada 2016 lain yaitu Provinsi Banten fokus untuk menjadikan Tangerang sebagai pintu masuk wisata ke Banten. Wilayah Banten yang berbatasan dengan Ibu Kota Jakarta ini dicanangkan menjadi pusat promosi masuknya wistawan ke wilayah Banten.

"Di Tangerang ini istilahnya festival branding untuk mem-blow up wisata seluruh Banten, salah satunya dengan festival kuliner," kata Ali.


BACA JUGA:

  1. Pesona Pantai Carita di Ujung Barat Pulau Jawa
  2. Pulau Umang, Permata Wisata di Pandeglang
  3. Komunitas Banteng Muda Salurkan Air Bersih di Kabupaten Rembang
  4. Resep Unik Rabeg, Kuliner Khas Banten
  5. Nikmati Semur Perkedel Ikan Khas Banten
#Provinsi Banten #Festival Tanjung Lesung 2016 #Wisata Banten
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan