Dominique Aegerter Kunci Juara Dunia WSSP 2022 di Sirkuit Mandalika

Mula AkmalMula Akmal - Sabtu, 12 November 2022
Dominique Aegerter Kunci Juara Dunia WSSP 2022 di Sirkuit Mandalika
Sejumlah pembalap memacu kecepatannya saat mengikuti balapan kedua World Supersport (WSSP) 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit,. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Pebalap Ten Kate Racing Dominique Aegerter berhasil mengunci gelar juara World Supersport (WSSP) dalam balapan pertama (Race 1), meski dia finis P4 di Sirkuit Mandalika pada Sabtu siang.

Sementara itu, finis posisi pertama diraih oleh pebalap MV Agusta Reparto Corse, Niki Tuuli dan diikuti oleh pebalap Althea Racing, Federico Caricasulo di tempat kedua dan Can Oncu dari Puccetti Kawasaki yang finis P3.

Baca Juga:

Toprak Razgatlioglu Juara 1 WSBK Mandalika 2022

Peringkat empat ditempati juara dunia Dominique Aegerter dari Ten Kate Racing dengan pebalap Puccetti Kawasaki lainnya Yari Montella berhasil finis P5.

Aegerter berhasil mengunci gelar dunia World SSP 2022 dengan keunggulan 83 poin dari saingan terdekatnya Lorenzo Baldassari yang justru tersingkir dari balapan di lap 3 setelah tikungan 1.

Gelar juara ini juga membuat Aegerter menjadi pebalap ketiga yang berhasil menjuarai WSSP dua kali berturut-turut, dengan dua pebalap lainnya adalah Sebastian Charpentier (2005 dan 2006) dan Kenan Sofuoglo (2015 serta 2016).

Gelar ini juga menambah deretan kesuksesan Aegerter tahun ini, mengingat rider asal Swiss ini juga berhasil menjuarai MotoE 2022.

Sedangkan Tuuli berhasil memenangi Race 1 setelah melakukan pertarungan sengit dengan Can Oncu (Kawasaki Puccetti Racing) sepanjang balapan. Keduanya memulai start bagus meski tertinggal dari Federico Caricasulo (Althea Racing) yang juga memulai balapan dari posisi ke-5.

Tuuli dan Can Oncu kemudian mampu melewati Caricasulo di tahap awal sebelum menjauh dari pebalap Italia itu. Tuuli sedikit melebar di tikungan 3 pada lap 12 yang memungkinkan Oncu menyalip.

Baca Juga:

Jadwal WSBK Indonesia di Sirkuit Mandalika

Namun, Oncu kehilangan waktu ketika dia melakukan kesalahan pada Lap 14 saat dia melebar di tikungan 7 dan membuatnya tertinggal lebih dari satu detik di belakang Tuuli.

Oncu membuat kesalahan lagi di beberapa lap kemudian yang membuatnya kehilangan P2 oleh Caricasulo. Keduanya bertarung habis-habisan di sisa lap, tetapi gagal mendekati Tuuli hingga melewati garis finis.

Kemenangan ini adalah yang kedua bagi Tuuli dan podium kesembilannya di WSSP.

Berikut 6 pebalap teratas di WSSP Race 1 di Mandalika:

1. Niki Tuuli (MV Agusta Reparto Corse)

2. Federico Caricasulo (Althea Racing)

3. Can Oncu (Kawasaki Puccetti Racing)

4. Dominique Aegerter (Ten Kate Racing Yamaha)

5. Yari Montella (Kawasaki Puccetti Racing)

6. Nicolo Bulega (Aruba.it Racing – Ducati)

Klasemen pebalap:

1. Dominique Aegerter (Ten Kate Racing Yamaha) 437 points

2. Lorenzo Baldassarri (Evan Bros. WorldSSP Yamaha) 352

3. Can Oncu (Kawasaki Puccetti Racing) 232

4. Nicolo Bulega (Aruba.it. Racing WorldSSP Team) 200

5. Stefano Manzi (Dynavolt Triumph) 187

6. Federico Caricasulo (Althea Racing) 152 (*)

Baca Juga:

WSBK Mandalika 2023 Digelar 3-5 Maret

#Mandalika #Sirkuit Mandalika
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan