Dolby Atmos akan Luncurkan Teknologi FlexConnect di TV

Andrew FrancoisAndrew Francois - Selasa, 29 Agustus 2023
Dolby Atmos akan Luncurkan Teknologi FlexConnect di TV
Dolby Atmos FlexConnect untuk tingkatkan kualitas suara spasial. (Unsplash/Josh Sorenson)

BEBERAPA perusahaan telah memungkinkan pengguna untuk menggabungkan speaker TV dengan soundbar atau speaker lain untuk meningkatkan kualitas audio. Samsung memiliki Q-Symphony dan Sony memiliki Acoustic Center Sync.

Sekarang, Dolby memperkenalkan fitur serupa bernama Dolby Atmos FlexConnect. Fitur itu akan memungkinkan speaker TV berkolaborasi dengan speaker nirkabel lainnya di dalam ruangan, dan akan menjadi fitur pertama kali hadir di TV TCL 2024.

Baca Juga:

Ada Band Gunakan Teknologi Dolby Atmos di Single ‘Berharap Cinta’

FlexConnect menggabungkan speaker televisi dengan speaker lain di rumah. (Unsplash/Chauhan Moniz)

Dolby Atmos FlexConnect diklaim dapat dengan cerdas mengoptimalkan suara berdasarkan tata letak ruangan dan posisi speaker yang ada. Fitur ini dirancang untuk mengatasi kendala yang berkaitan dengan ukuran ruangan, penempatan perabotan, atau lokasi soket listrik.

Pengguna dapat menempatkan speaker di berbagai lokasi dalam ruangan. Teknologi ini mengkalibrasi masing-masing speaker dengan speaker TV. Kemudian menciptakan profil suara Dolby Atmos yang sesuai dengan karakteristik rumah penggunanya.

Proses pengaturan diklaim sangat cepat dan mudah. TV menggunakan mikrofon internalnya untuk menentukan lokasi masing-masing speaker sebelum melakukan kalibrasi audio. Tujuannya adalah menciptakan pengalaman audio yang imersif dan konsisten, tanpa peduli di mana pengguna duduk dalam ruangan.

FlexConnect tidak hanya meningkatkan saluran pusat. Sebaliknya, teknologi ini menyelaraskan suara untuk setiap speaker, termasuk yang ada dalam TV. Jika ada pasangan speaker di depan ruangan, sistem dapat mengatur audio sehingga TV menangani sebagian besar dialog.

Baca Juga:

Kunci Membeli Speaker Bluetooth dengan Kualitas Terbaik

FlexConnect bisa menggabungkan speaker TV dengan speaker lain merek apapun. (Unsplash/Josh Sorenson)

Sementara speaker lain mengambil peran penting dalam menghasilkan suara panggung depan lainnya. Misalnya, jika ada dua speaker di bagian belakang ruangan, TV akan fokus pada dialog dan suara yang seharusnya datang dari depan ruangan.

Pentingnya fitur Dolby Atmos FlexConnect juga terletak pada interoperabilitasnya. Beberapa teknologi serupa yang ditawarkan oleh perusahaan seperti Samsung, Sony, atau LG memerlukan perangkat yang sepenuhnya kompatibel dari produsen yang sama, seperti soundbar dan TV.

Dengan FlexConnect, tampaknya terbuka bagi produsen lain untuk mengintegrasikannya ke dalam produk mereka, memungkinkan pengguna. Sebagai contoh, untuk menggabungkan TV TCL dengan soundbar Sennheiser.

TCL berencana merilis speaker nirkabel yang kompatibel dengan FlexConnect untuk menemani TV baru di masa mendatang. (waf)

Baca Juga:

5.1 dan 7.1 'Surround Sound', Ketahui Perbedaannya

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan