Dokter Spesialis: Gejala Serangan Jantung Bisa Dideteksi Pentingnya mengenali gejala serangan jantung sejak dini. (Foto: pixabay/publicdomainpictures)

MASIH banyak orang tidak mengetahui tentang gejala serangan jantung. Padahal beberapa gejala tersebut mungkin terdengar umum, tapi bisa jadi merupakan indikasi gejala serangan jantung. Menurut Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh darah Dr. med. dr. Denio A. Ridjab, Sp.JP (K), ada beberapa gejala serangan jantung yang mudah diketahui.

Denio menyebutkan bahwa beberapa gejalanya yakni rasa tidak nyaman di dada, lengan, atau bahu, seperti ketika ditekan merasa penuh atau nyeri. Gejala tersebut bisa beberapa menit hilang atau timbul. Kemudian gejala lainnya terasa nyeri pada rahang, leher, atau punggung.

Baca juga:

Aktif Bergerak Jadi Cara Mudah Hindari Gagal Jantung

Pentingnya mengenali gejala serangan jantung (Foto: heartology)

"Sesak napas, keringat dingin, mual, muntah, kepala terasa ringan, dan pingsan juga merupakan gejala serangan jantung," ujar Denio dalam Media Gathering Heartology yang digelar daring, Selasa (14/6).

Apabila kamu merasakan gejala-gejala tersebut, sebaiknya jangan dianggap enteng, dan segera periksakan diri ke dokter. Karena lebih cepat mengetahui adanya risiko serangan jantung maka akan lebih baik.

Serangan jantung merupakan gangguan aliran darah di pembuluh darah jantung, sehingga otot jantung mengalami kerusakan, atau disebut juga infark miokard, penyebab utama kondisi itu adalah penyakit jantung koroner.

Menurut data Riset Kesehatan Dasar Indonesia (Riskesdas) 2018, angka penyakit jantung dan pembuluh darah kian meningkat dari tahun ke tahun. Sedikitnya 15 dari 1000 orang atau sekitar 2.784.064 orang di Indonesia menderita penyakit jantung.

Berdasarkan data tersebut, penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia, dan saat ini penyakit jantung mulai meningkat dialami pada usia muda sekitar 30-50 tahun.

Bahkan, ada juga penderita serangan jantung yang tidak mengalami gejala, tapi langsung mengalami henti jantung atau meninggal mendadak. Karena itu, pemeriksaan jantung sejak dini perlu untuk dilakukan.

kondisi serangan jantung termasuk dalam kondisi gawat darurat yang butuh waktu penanganan sesegera mungkin (Foto: heartology)

Denio menambahkan, kondisi serangan jantung termasuk dalam kondisi gawat darurat yang butuh waktu penanganan sesegera mungkin oleh tim emergency dan spesialis jantung. Kematian akibat serangan jantung bisa terjadi akibat terlambat mendapatkan penanganan medis.

"Apabila serangan jantung yang luas, parah, terlambat, atau tidak tertangani dengan baik, maka kemungkinan komplikasi yang di timbulkan akibat serangan jantung akan semakin berat. Antara lain gangguan irama jantung atau aritmia, gagal jantung, syok kardiogenik, dan henti jantung yang dapat berujung pada kematian," jelasnya.

Baca juga:

Penyintas Gagal Jantung tak Disarankan Banyak Minum Air

Perburukan kondisi pasien bisa di hindari, salah satunya dengan tindakan primary percutaneous coronary intervention (primary PCI), atau Angioplasty Primer. Ini adalah prosedur medis untuk memulihkan aliran darah ke jantung, dengan cara mengatasi sumbatan atau penyempitan pada arteri koroner yang diakibatkan oleh aterosklerosis atau penumpukan deposit kolesterol di arteri.

Primary PCI dilakukan dengan meregangkan area arteri koroner yang menyempit memakai balon yang terpasang pada kateter, masuk ke tubuh untuk menuju arteri yang bermasalah.

"Waktu sangatlah vital, oleh sebab itu, primary PCI berperan sangat penting untuk menyelamatkan pasien, Primary PCI adalah cara paling efektif dalam menangani pasien serangan jantung untuk memulihkan kerja otot jantung dan pada akhirnya menyelamatkan nyawa pasien," terang Denio.

Bagi para generasi muda yang ingin jantungnya tetap sehat, Denio menjelaskan pentingnya untuk banyak bergerak, makan sehat, serta jangan hanya kerja dan terlalu banyak duduk.

"Para generasi muda bisa melakukan olahraga lima kali seminggu 30 menit setiap kali olahraga dengan intenstisas ringan hingga sedang. Selain itu asupan makanan harus dijaga, berhenti merokok, jaga berat badan, jaga tekanan darah, dan jaga kolesterol," imbaunya.

Olahraga bagi anak-anak muda disarankan yang sifatnya aerobik, seperti lari, sepeda, sepak bola, badminton, berenang, atau bisa dikombinasikan dengan angkat beban.

Sementara untuk yang usianya lebih tua atau diatas 40 tahun, sebaiknya terlebih dahulu melakukan pemeriksaan jantung sebelum melakukan olahraga. Selanjutnya bisa meminta saran pada dokter tentang olahraga apa saja yang bisa dilakukan.

Gaya hidup sehat dan kebiasaan tersebut sangat membantu dalam pencegahan jantung koroner. Jadi yang perlu diperhatikan ialah bukan yang dilakukan sesaat, tapi konsisten dalam menjaga kesehatan jantung. (Ryn)

Baca juga:

Pentingnya Deteksi Dini Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Disney dan Marvel akan Umumkan Deretan Game Terbaru
Fun
Disney dan Marvel akan Umumkan Deretan Game Terbaru

Ada lebih dari lima game baru yang akan hadir tahun ini hingga tahun mendatang.

Digelar secara Hybrid, Ramadhan Fashion Festival Hadirkan Modest-Wear Pilihan
Fashion
Mengenal Desainer Gaya Futuristik Johnny NCT di Met Gala
Hiburan & Gaya Hidup
Mengenal Desainer Gaya Futuristik Johnny NCT di Met Gala

Sosok dibalik menawannya gaya Johnny NCT di Met Gala

Indonesia Cup Taster Championship 2022 Resmi Digelar
Fun
Indonesia Cup Taster Championship 2022 Resmi Digelar

Para peserta siap beradu kemampuan dalam mencicipi kopi.

Rekomendasi Penyimpanan Data untuk Para Insan Kreatif
Fun
Rekomendasi Penyimpanan Data untuk Para Insan Kreatif

Penyimpanan data penting dalam dunia kreatif.

Jamkrindo Dukung Penguatan UMKM sebagai Pahlawan Ekonomi Nasional
Hiburan & Gaya Hidup
Jamkrindo Dukung Penguatan UMKM sebagai Pahlawan Ekonomi Nasional

Melalui dukungan layanan penjaminan kredit.

James Cameron Syuting Film Ketiga dan Keempat 'Avatar' Lebih Awal
ShowBiz
James Cameron Syuting Film Ketiga dan Keempat 'Avatar' Lebih Awal

Untuk menghindari isu umur Stranger Things-style.

Hampir Setengah dari Remaja AS Menggunakan Internet Terus-menerus
Fun
Hampir Setengah dari Remaja AS Menggunakan Internet Terus-menerus

Survei di AS menunjukkan tingkat penggunaan internet yang sangat tinggi pada remaja.

Tetap Sehat saat Musim Hujan
Fun
Tetap Sehat saat Musim Hujan

Musim hujan harus tetap jaga kesehatan.

Gaya Rambut Unik Blackpink dalam Video Musik 'Pink Venom'
Fashion
Gaya Rambut Unik Blackpink dalam Video Musik 'Pink Venom'

Selain pakaian yang memikat para penggemar, gaya rambut unik keempat anggota Blackpink juga menjadi fokus perhatian.