Dog Meat Free Indonesia Kampanyekan Stop Perdagangan dan Konsumsi Daging Anjing

Dog Meat Free Indonesia Kampanyekan Stop Perdagangan dan Konsumsi Daging Anjing Dog Meat Free Indonesia dorong Indonesia untuk larang perdagangan daging anjing. (instagram/@dogmeatfreeindonesia)

MULUT dan kaki mereka diikat, dilempar seperti sampah ke dalam truk, lalu dimasukan ke dalam kandang yang padat dan kotor. Tanpa makanan dan minuman sebelum akhirnya mereka digantung dan dipukuli, dibanting, disetrum di depan anjing-anjing lain hanya untuk satu piring daging anjing.

Bahkan ada yang lebih ekstrim lagi, di beberapa tempat anjing dimasak hidup-hidup. Tangisan mereka mengiris hati para pencinta binatang.

Dog Meat Free Indonesia Kampanyekan Stop Perdagangan dan Konsumsi Daging Anjing
Praktek kejam perdagangan daging anjing membuat geram pecinta binatang.(dogmeatfreeindonesia)

Indonesia menjadi salah satu negara yang secara internasional dikenal maraknya perdagangan brutal daging anjing. Sebelumnya hal ini tidak terlalu diperhatikan, Komunitas Dog Meat Free Indonesia (DMFI) lah yang mengekspos praktek ini sehingga mendapatkan perhatian secara internasional.

Baca juga:

Mengenal Parvo, Virus Mematikan yang Mengintai Anjing Kesayanganmu

Pada 2018, petisi DMFI yang dilayangkan ke Presiden Joko Widodo untuk menghentikan perdagangan brutal daging anjing berhasil menarik perhatian dunia.

Petisi tersebut ditandatangani oleh sejumlah selebritas Indonesia dan internasional seperti Cameron Diaz, Simon Cowell, Ellen DeGeneres dan masih banyak lagi. Ada lebih dari 90 selebritas dunia yang ikut menandatangani petisi tersebut.

"Indonesia kan katanya mau tingkatkan pariwisata, berbeda dengan disini, orang luar negeri condong pecinta binatang. Kalau kondisinya kayak gini, reputasi negara Indonesia bisa rusak," ucap aktivis dari DFMI, Mustika.

DFMI merupakan sebuah gerakan koalisi yang dibuat oleh sejumlah organisasi besar pencinta binatang, termasuk Jakarta Animal Aid Network dan Animal Friends Jogja. Secara internasional gerakan serupa juga dijalankan oleh Change for Animals Foundation, Humane Society International, Four Paws, dan Animals Asia.

Mereka tiada henti berkampanye dan berjuang demi binatang yang kerap dijuluki sebagai man’s best friend ini.

View this post on Instagram

ENGLISH IN COMMENT Meskipun di tengah pandemi, banyak kota besar di Indonesia yang masih mengancam kesehatan dan keselamatan nasional dengan membiarkan perdagangan daging anjing ilegal terus berlanjut, yang berpotensi menyebarkan penyakit zoonosis yang fatal. Banyak kota dan negara lain di kawasan Asia mulai mengambil tindakan untuk mengakhiri perdagangan daging anjing, tetapi Indonesia tetap diam meskipun telah bertahun-tahun diperingatkan akan bencana kesehatan bagi masyarakat yang tinggal menunggu waktu untuk terjadi! Sekarang saatnya untuk BERTINDAK! SUARA KAMU BERARTI! Kamu bisa bertindak dengan: 1- Bagikan posting ini seluas-luasnya dan minta semua orang yang kamu kenal untuk melakukan hal yang sama! 2- Tag akun pejabat pemerintahan yang tercantum di bawah ini di kolom komentar dan minta mereka untuk MELARANG perdagangan daging anjing! 3 - Tandatangani & bagikan petisi yang menyerukan kepada pemerintah untuk menutup pasar satwa yang kejam dan berbahaya yang menjual anjing, kucing, dan satwa liar: https://bit.ly/2E8Rah5 Ayo Indonesia, kita harus mengakhiri perdagangan yang kejam dan berbahaya ini ... dan kita harus BERTINDAK SEKARANG JUGA! @jokowi @kementerianlhk @kemenkes_ri @ganjar_pranowo @ridwankamil @olly.dondokambey @edy_rahmayadi @musa_rajekshah @cometolaketoba @kostergubenurbali @humassumut@thisissumut @khofifah.ip @dkpkp.jakarta @kementerianpertanian @mediaindonesia @tribunnews @detikcom @kompascom @jakpostimages @pemerintahkotasemarang @soloinfo @surabaya @aniesbaswedan

A post shared by Dog Meat Free Indonesia (@dogmeatfreeindonesia) on

Tim DMFI tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya, di Solo. Kota di Jawa Tengah ini menjadi salah satu kota di Indonesia yang melakukan praktek perdagangan daging anjing secara masif dan terang-terangan. Tidak sulit untuk menemukan warung yang menjual daging anjing di kota kelahiran Presiden Joko Widodo ini.

Tidak hanya berkoar-koar, DMFI aktif turun ke lapangan dan melakukan investigasi. Salah satu hasil investigasi DMFI menunjukkan bahwa sekitar 13.700 ekor anjing terus menerus ditangkap dan dicuri setiap bulannya dari jalan-jalan kota di seluruh Jawa.

"Di sini, anjing-anjing dibantai secara brutal dan dagingnya dijual di sedikitnya 82 warung yang menjajakannya secara terang-terangan," ucap Angelina Pane dari Animal Friends Jogja pada press release DMFI tahun 2019.

Hasil investigasi ini berhasil meluluhkan hati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat ditemui oleh DMFI pada tahun 2019. "Pak Ganjar juga benar-benar syok melihat hasil investigasi kita dan ikut bantu berkampanye ke pemerintah lain untuk larang perdagangan daging anjing," ucap Mustika.

View this post on Instagram

#Repost @dogmeatfreeindonesia Governor Ganjar voices his call for a Dog Meat Free Indonesia! After meeting with the Dog Meat Free Indonesia coalition last week where he was shown our evidence of the brutal dog meat trade in his province, Governor @ganjar_pranowo has called on the Mayor of Solo to TAKE ACTION to END THE DOG MEAT TRADE! And the media coverage has been huge, helping is to raise vital awareness and public & political support for ACTION! Our investigations have shown the scale and dangers of the trade, with over 13,700 dogs being traded and slaughtered in the City of Solo alone each month!! We thank Governor Ganjar for addressing this situation in Central Java and the DMFI stands ready to help implement effective solutions to protect animal welfare and public health & safety! We will continue to urge Mayor @fx.rudyatmo of Solo to take urgent action as his people are in grave danger of rabies, and his city’s demand for dog meat jeopardises the whole island’s attempts to be free from this 100% fatal disease! Thank you, Governor Ganjar for recognisnig the need for a DOG MEAT FREE INDONESIA! @ridwankamil @mediaindonesia @kemenkes_ri @kementerianpertanian @disnakkeswanjtg @wonderfulindonesia #wonderfulindonesia @jokowi

A post shared by dmfi.surakarta (@dmfi.surakarta) on

Kenapa bisa perdagangan daging anjing masif? Mustika, koordinator dan perwakilan Dog Meat Free Indonesia (DMFI) Solo mengatakan bahwa di tempat-tempat seperti Solo, walaupun secara ilmiah tidak benar, kepercayaan-kepercayaan dan mitos mengenai manfaat daging anjing masih kental.

"Ada yang percaya kalau habis kecelakaan atau operasi, kalau pengen cepat kering luka dan bekas operasinya makan daging anjing. Ada juga yang percaya bahwa kalau orang kurang perkasa harus makan daging anjing," ucap Mustika.

Akan tetapi, makan daging anjing yang dipercayai memiliki banyak manfaat justru telah membunuh banyak orang karena penyakit seperti rabies.

View this post on Instagram

- Please SHARE to our President Joko Widodo - In the midst of the latest deadly coronavirus outbreak originating from China’s live animal markets, the Dog Meat Free Indonesia (DMFI) coalition has issued an open letter to the President of Indonesia and provincial governors warning of the dangers of the same types of markets found throughout Indonesia. We have visited many live animal markets in Indonesia, and we know that they are a hotbed for disease transmission, with the conditions being the same as those being described by scientists as the perfect breeding grounds for new and deadly zoonotic viruses, such as the coronaviruses. Wild animals – many of which are protected species that have been illegally traded – are sold and slaughtered in public and unsanitary conditions alongside domestic animal species, including dogs and cats, potentially exposing thousands of people every day to a variety of zoonotic diseases… And causing unimaginable animal suffering and encouraging illegal activities. Given the current state of emergency in China, we urge Indonesia to take urgent preventative and proactive measures by: • Ensuring the closure of all markets slaughtering or selling cats, dogs, and wildlife • Issue a public statement regarding the public health dangers of slaughter and consumption of dogs, cats, and wildlife • Taking strong measures to ensure the enforcement of existing laws, regulations and directives to end the illegal trade in wildlife and the dog and cat meat trades The cruelty and dangers of the dog, cat and wildlife trades require *immediate and urgent action* to safeguard animal welfare and public health & safety! The Dog Meat Free Indonesia coalition stand by ready to assist. #dogmeatfreeindonesia #indonesiabebasrabies2020

A post shared by dmfi.surakarta (@dmfi.surakarta) on

Masalah rabies menjadi isu yang sangat besar sehingga ada hari rabies sedunia, Indonesia juga ikut merayakannya. Lucunya, walau begitu tidak ada larangan atau peraturan mengenai perdagangan daging anjing ini. Selama pandemi pun, perdagangan daging anjing masih marak.

"Wah, kalau di solo tidak ada stopnya, saat masa PSBB pun masih ada. Tim kami yang kebetulan kerja di pom bensin sempat menemukan truk berisi anjing-anjing yang dikarungkan, bisa terdengar tangisan kesakitan mereka," kata Mustika.

Beberapa tahun yang lalu, pemerintah Indonesia sempat menargetkan Indonesia bebas rabies pada 2020. Namun, sepertinya itu hanyalah omong kosong.

Baca juga:

Anjing Punya Navigasi Alami untuk Menemukan Jalan Pulang

Melansir laman Kemkes.go.id, kejadian rabies pada hewan maupun manusia hampir selalu diakhiri dengan kematian (case fatality rate 100%) sehingga akibat penyakit ini menimbulkan rasa takut dan kekhawatiran serta keresahan bagi masyarakat.

Selain itu rabies juga mengakibatkan kerugian secara ekonomi pada daerah yang tertular. Di antaranya biaya penyidikan, pengendalian yang tinggi, serta tingginya biaya perawatan pasca pajanan. Sampai sekarang belum ada obat yang efektif untuk pengobatan penyakit rabies.

Ketakutan dan stres yang dialami anjing yang membuat mereka memiliki rabies. "Anjing tidak akan menyebarkan rabies atau miliki rabies kalau anjingnya dalam kondisi sehat secara fisik dan mental. Kalau gini kan mereka mulut dan kakinya diikat, pasti stres dan kesakitan," ucap Mustika.

Di seluruh wilayah Indonesia, ribuan anjing secara ilegal diperjualbelikan, seringkali itu dijual antar propinsi yang bebas rabies maupun provinsi dengan endemi rabies, menuju rumah-rumah jagal dan pasar dengan kondisinya hampir sama dengan pasar yang dipercaya sebagai asal virus COVID-19, tulis press release DMFI pada 28 Juli 2020.

Mustika mengatakan bahwa dari 34 pulau di Indonesia, hanya delapan pulau yang bebas rabies.

Dog Meat Free Indonesia Kampanyekan Stop Perdagangan dan Konsumsi Daging Anjing
DMFI aktif bersosialisasi dan melobi pemerintahan. (instagram/@dogmeatfreeindonesia)

Saat ditanya apa solusinya, Mustika mengatakan bahwa DMFI hanya bisa bergantung pada pemerintah. Mereka tidak bisa melakukan sosialisasi langsung kepada warung-warung atau masyarakat yang menjual dan mengkonsumsi daging anjing, karena ini bisa memunculkan perdebatan dan miskomunikasi.

Maka dari itu, mereka aktif melakukan investigasi untuk memberi bukti dan dokumentasi kepada pemerintah yang harus merubah peraturan untuk kesejahteraan hewan.

"Daripada berdebat sama masyarakat, kita berdebat dengan pemerintah. Seperti contoh orang pakai helm, tidak semua orang mau pake helm kan? Cuma karena adanya peraturan dari pemerintah, ya mau tidak mau mereka harus pakai helm, kalau kita orang biasa yang berbicara kan beda," ucap Mustika.

Dog Meat Free Indonesia Kampanyekan Stop Perdagangan dan Konsumsi Daging Anjing
A Man's Best Friend, anjing adalah teman, bukan makanan. (unsplash/@ericjamesward)

Walau dengan kenyataan seperti ini, Mustika tetap positif dan mengatakan bahwa Indonesia bisa benar-benar bebas daging anjing. “Di Tiongkok dimana perdagangan daging anjing itu marak dan lebih ekstrim saja bisa ada banyak perubahan, kenapa Indonesia tidak bisa? Semua tergantung dari pemerintahnya saja,” ucap Mustika

Mustika ingin semua pencinta anjing dan kucing bisa bersatu dan memperjuangkannya seperti di Tiongkok, mereka bisa memiliki banyak perubahan karena bersatu tidak saling sikut-menyikut dan berjuang bersama-sama.

Ia juga berharap pemerintah untuk tidak meremehkan hal ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga sudah mengatakan bahwa ini bisa jadi pandemi berikutnya. Mereka menyayangkan sifat pemerintah Indonesia yang selalu menunggu dan saat masalahnya datang baru bergerak.

“Sebenarnya larangan daging anjing ini bukan sepenuhnya hanya urusan pencinta anjing, atau anjingnya. Ini juga urusan kesehatan dan keselamatan manusia," tutup Mustika. (lev)

Baca juga:

Fakta yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui Tentang Anjing

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Bagaimana Bawang Putih Bekerja di Tubuh?
Hiburan & Gaya Hidup
Bagaimana Bawang Putih Bekerja di Tubuh?

Tak heran bagi penderita darah tinggi disarankan untuk rajin makan bawang putih mentah karena kandungan dan khasiatnya.

Hadapi Pemanasan Global, Rumah ini Bisa Beradaptasi dengan Kondisi Laut
Fun
Hadapi Pemanasan Global, Rumah ini Bisa Beradaptasi dengan Kondisi Laut

Struktur berkelanjutan dirancang untuk tahan terhadap kondisi yang paling ekstrem.

Kiat-Kiat Agar CV Segera Dilirik HRD
Fun
Kiat-Kiat Agar CV Segera Dilirik HRD

Curriculum Vitae (CV) adalah berkas paling penting yang akan dilirik terlebih dahulu oleh HRD.

Pasangan Menikah Lebih Sehat dan Bahagia Ketimbang Lajang?
Fun
Pasangan Menikah Lebih Sehat dan Bahagia Ketimbang Lajang?

Tak selalu demikian.

Vidi Aldiano Kirim Pesan Persatuan lewat 'Zamrud Khatulistiwa'
ShowBiz
Vidi Aldiano Kirim Pesan Persatuan lewat 'Zamrud Khatulistiwa'

Dibawakan dengan aransemen baru.

Curhat Rizki Febian di Atas Panggung Java Jazz
ShowBiz
Curhat Rizki Febian di Atas Panggung Java Jazz

Dengan mengenakan kemeja garis-garis, celana panjang hitam, dan sneakers vans, pria yang akrab disapa Iky ini tampil begitu percaya diri.

Aduh, Cedera saat Bercinta Bisa Terjadi
Hiburan & Gaya Hidup
Aduh, Cedera saat Bercinta Bisa Terjadi

Bisa berupa sobekan, rasa perih, hingga patah.

Pameran Desain Mahasiswa Kreatif di ASPaC 2020
Fun
Pameran Desain Mahasiswa Kreatif di ASPaC 2020

ASPaC 2020 bakal seru banget.

BTS Pecahkan Rekor Baru
ShowBiz
BTS Pecahkan Rekor Baru

Sebelumnya, video musik dari musisi Korea yang sudah mencapai angka ini adalah dua lagu dari Psy yaitu Gangnam Stytle dan Gentleman

Mencuci Mobil dengan Sabun Cair, Amankah?
Fun
Mencuci Mobil dengan Sabun Cair, Amankah?

Sabun cair keperluan dapur bukan untuk mencuci mobil.