Dodol, Makanan Berkelas Masyarakat Betawi Sejak Zaman Penjajahan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 29 Maret 2016
Dodol, Makanan Berkelas Masyarakat Betawi Sejak Zaman Penjajahan
Dodol Betawi

MerahPutih kuliner- Siapa sangka makanan dodol yang berbahan dasar beras ketan, santan kelapa, gula merah, dan daun pandan merupakan makanan berkelas sejak zaman dahulu.

Berdasarkan pemaparan Karimudin, selaku orang Betawi asli yang juga penjual dodol Depok mengatakan sejak zaman kolonial Belanda, tuan tanah ketika mengadakan hajatan (acara sakral) selalu menggunakan dodol sebagai makanan penyambut tamu.

"Sejak zaman kompeni, dodol merupakan makanan berkelas. Saya dapat dari cerita orang tua dulu. Karena itu (nilai historis), saya harus menjaga keberadaan makanan ini," jelas Karimudin (61) di rumahnya, Gang Irih Sirah, Beji, Depok, Senin. (28/3).

Bahkan, tambah Karimudin, sewaktu dirinya berusia belia pernah ada kejadian mengenai hajatan. Tuan rumah yang mengadakan acara sengaja menyediakan kue kelas I masyarakat Betawi dan benar saja segala makanan yang disediakan, hanya dodol Betawi yang habis lebih cepat.

"Pas saya masih kecil, orang tua ajak saya hadiri hajatan tuan tanah di Matraman. Makanan yang ada seperti dodol, wajik, kue lapis, kue talam, kue irian, tape uli, geplak, dan lain-lainnya. Yang kering habis, pertama adalah dodol dan wajik," kata Karimudin.

Meski makanan tersebut terlihat sederhana, namun nilai historis yang membalut makanan dodol Betawi sangat tinggi sehingga layak untuk dilestarikan.

"Jangan sampai hilang. Yang sudah jarang seperti nasi ulam, kue irian, dan ada lagi lainnya. Saya sebagai orang Betawi, wajib untuk menjaga tradisi ini," tandasnya. (Ard)

BACA JUGA:

  1. Unik, Perempuan Tidak Boleh Mengaduk Dodol Depok Khas Betawi
  2. Sulitnya Membuat Dodol Depok Khas Betawi
  3. Karimudin: Jualan Dodol Untuk Menjaga Tradisi
  4. Dodol Legit Asli Betawi di Festival Lebak Bulus
  5. Saat Imlek harus Makan Bersama dan Lahap Dodol

 

#Budaya Betawi #Kuliner Betawi #Dodol Betawi
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan