Dodol Betawi Asli Semakin Buluk, Semakin Gurih

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 29 Maret 2016
Dodol Betawi Asli Semakin Buluk, Semakin Gurih
Dodol Betawi

MerahPutih Kuliner- Dodol Depok yang merupakan makanan khas Betawi ternyata semakin 'buluk' semakin digemari sebagian masyarakat Betawi, khususnya keluarga besar Kamirudin yang merupakan penjual Dodol Depok sendiri.

Bagi lelaki yang kini berusia 61 tahun itu, dodol asli Depok meski sudah sebulan tetap lezat dimakan bahkan rasanya tidak kalah enak dengan yang lainnya. "Pokoknya, kalau yang bikin dodol orang asli Betawi dan memang pengalaman, pasti akan enak. Makanan Betawi punya khas," tutur Kamirudin di pelataran rumahnya, Gang Irih Sirah, Beji Depok, Senin (28/3).

Adapun terkait dodol buluk yang dimaksud Karimudin adalah dodol yang sudah sebulan dibiarkan dan timbul banyak jamur di permukaannya. Meski demikian, jamur tersebut tidak sama sekali membawa penyakit karena pembuatan Dodol Depok yang asli tanpa menggunakan bahan kimia apa pun.

"Biasanya dodol yang sudah sebulan, meski berjamur, tapi tidak ada kuman. Tinggal dibersihkan saja, terus digoreng pakai terigu. Rasanya enak banget itu," tutupnya. (Ard)

BACA JUGA:

  1. Dodol, Makanan Berkelas Masyarakat Betawi Sejak Zaman Penjajahan
  2. Karimudin: Jualan Dodol Untuk Menjaga Tradisi
  3. Unik, Perempuan Tidak Boleh Mengaduk Dodol Depok Khas Betawi
  4. Sulitnya Membuat Dodol Depok Khas Betawi
  5. Dodol Legit Asli Betawi di Festival Lebak Bulus

 

#Budaya Betawi #Kuliner Betawi #Dodol Betawi
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan