Manjo ka Tanah Minahasa

Dodol Amurang, Spesial di Antara yang Pedas

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 22 September 2018
Dodol Amurang, Spesial di Antara yang Pedas
Dodol Amurang yang manis. (Foto: instagram@andy_mamesah)

SULAWESI Utara sangat terkenal dengan kekayaan kulinernya. Tanah Minahasa terkenal dengan olahan bercitarasa sangat pedas, terutama olahan daging dan sayurnya.

Selain itu, beberapa penganan terkenal dari Minahasa tak boleh terlewatkan. Sebut saja panada, panekuk Manado, dan Klapertart. Dan satu lagi yang tak kalah populer, namanya dodol Amurang.

Dodol Amurang berasal dari Kecamatan Amurang. Kota kecil ini ibu kota Kabupaten Minahasa Selatan. Dahulu dodol Amurang sebagai bagian dari makanan saat acara perayaan syukuran pascapanen untuk dibawa ke gereja sebagai jamuan.

Dodol Amurang. (Foto: instagram.com/lhalha67)
Dodol Amurang. (Foto: instagram@lhalha67)

Kini dodol Amurang menjadi kuliner khas Sulawesi Selatan dan banyak dijajakan di pusat-pusat jajanan Kota Manado. Disebut juga dodol Manado. Dodol ini populer dijadikan oleh-oleh Malut karena bisa tahan lebih lama. Tampilannya juga sangat menari karena dibungkus dengan bahan alami daun woku atau lonta. Daun ini yang juga digunakan sebagai bungkus beberapa makanan khas Minahasa, misalnya nasi kuning.

Dodol Amurang bercitarasa sangat manis. Diolah dari bahan baku beras ketan ditambah gula aren dan santan. Spesialnya, dodol Amurang juga diberi tambahan kayu manis sehingga berasa berbeda dengan kebanyak dodol dari daerah lain.

Dodol Amurang. (Foto: instagram.com/firsyah79)
Dodol Amurang. (Foto: instagram@firsyah79)

Selain itu, beberapa menggunakan tambahan kenari untuk membuat rasanya lebih kaya. Kenari seperti diketahui menjadi bahan beberapa makanan/minuman dari Tanah Minahasa dan dari sebagian daerah Indonesia timur.

Dodol selama ini dalam dunia kuliner tanah air sangat identik dengan Garut, Jawa Barat. Tapi siapa sangka, di daerah berciri khas masakan pedas, Minahasa, ada dodol yang juga tak kalah terkenal. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Makanan Ini Peninggalan Portugis di Tanah Minahasa, Buruan Wajib Food Traveller

#Manjo Ka Tanah Minahasa
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan