DLH DKI Kerahkan 3.180 Petugas Kebersihan saat Malam Tahun Baru

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 26 Desember 2022
DLH DKI Kerahkan 3.180 Petugas Kebersihan saat Malam Tahun Baru
Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) atau dikenal dengan sebutan Pasukan Oranye. Foto: Antara

MerahPutih.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta akan mengerahkan sebanyak 3.180 petugas kebersihan pada perayaan malam tahun baru 2023 di seluruh wilayah Ibu Kota.

"Minggu (1/1) subuh seluruh wilayah Jakarta sudah bersih dari sisa-sisa perayaan," kata Kepala Seksi Humas DLH DKI, Yogi Ikhwan di Jakarta, Senin (26/12).

Baca Juga

DLH DKI Kerahkan 1.760 Petugas Jaga Kebersihan saat Perayaan Natal

Yogi melanjutkan, Petugas Jasa Perorangan Lainnya (PJLP) itu terdiri dari sopir truk sampah dan regu pungut sampah.

Pihaknya juga mengerahkan petugas tambahan dari UPK Badan Air untuk membantu di darat dan bekerja sama dengan PPSU kelurahan di wilayahnya masing-masing.

Ribuan petugas itu akan memulai kegiatan pembersihan secara serentak sejak pukul 00.30 WIB dan ditargetkan sebelum pukul 05.00 WIB seluruh sampah sudah tertangani. Petugas akan langsung bergerak, setelah perayaan pergantian tahun usai.

"Ketika puncak pergantian tahun terlewati dan acara utama selesai, petugas akan langsung bergerak di setiap lokasi. Petugas telah disiagakan sejak Sabtu (31/12) sore, seluruh Suku Dinas Lingkungan Hidup wilayah akan menggelar apel konsiyering untuk mengecek kesiapan petugas," ucap Yogi.

Baca Juga

KAI Siapkan Ribuan Petugas Tambahan Jelang Libur Nataru

Penanganan sampah pada malam Tahun Baru 2023 akan diselenggarakan di 21 lokasi di 5 wilayah Kota Administrasi. Puncak acara perayaan malam Tahun Baru di Jakarta berlangsung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Pada puncak acara perayaan malam tahun baru di TMII kami khusus mengerahkan 600 personil dengan saranan dan prasarana berupa 4 unit angkutan sampah, 10 bus toilet dan 4 unit sweeper untuk melakukan penanganan sampah sebelum dan sesudah acara," papar dia.

Yogi menambahkan, seluruh Suku Dinas dan Satuan Kerja Lingkungan Hidup Kecamatan telah diinstruksikan untuk mengantisipasi penanganan kebersihan di setiap lokasi pergantian tahun di wilayahnya masing-masing.

"Tidak hanya di acara puncak di TMII saja, di sepanjang Jl. MH Thamrin dan setiap kota maupun ruang publik di Jakarta juga menggelar perayaan baik acara hiburan, Car Free Night atau doa bersama. Semuanya harus diantisipasi penanganan kebersihannya," katanya.

Pengawas kebersihan juga akan melakukan patroli di seluruh wilayah Jakarta menggunakan armada pick up double cabin dan motor trail. Mereka akan memastikan penanganan kebersihan berlangsung dengan baik.

Untuk sarana penanganan kebersihan, Dinas LH mengerahkan kendaraan angkut sampah 14 unit, mobil penyapu jalan otomatis atau road sweeper 24 unit, 17 bus toilet, serta menyebar ratusan tempat sampah beroda di lokasi-lokasi keramaian malam tahun baru. Selain itu, TPST Bantargebang juga disiagakan beroperasi 24 jam. (Asp)

Baca Juga

KAI Siagakan Ribuan Petugas selama Masa Libur Natal dan Tahun Baru

#PPSU #Pemprov DKI
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan