DLH DKI Kerahkan 1.760 Petugas Jaga Kebersihan saat Perayaan Natal

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 21 Desember 2022
DLH DKI Kerahkan 1.760 Petugas Jaga Kebersihan saat Perayaan Natal
Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) atau dikenal dengan sebutan Pasukan Oranye. Foto: Antara

MerahPutih.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta akan mengerahkan 1.760 petugas untuk menjaga kebersihan Ibu Kota selama perayaan Natal.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan, kegiatan penanganan kebersihan selama Natal tetap berlangsung seperti biasa, meski jatuh pada hari libur.

Baca Juga

Kemenag Imbau Umat Kristiani Rayakan Natal dengan Sederhana

"Seluruh Suku Dinas Lingkungan Hidup tingkat Kota Administrasi dan Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup di tiap Kecamatan telah diinstruksikan untuk mengantisipasi kebersihan lingkungan gereja di wilayah tugasnya masing-masing," kata Asep dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (21/12).

Dinas LH, ungkap Asep, menurunkan minimal 40 personel penanganan kebersihan di setiap kecamatan. Mereka ditugaskan memastikan Natal dan rangkaian perayaannya berlangsung dengan baik.

“Bahkan ada petugas yang ikut serta gotong royong membersihkan gereja bersama pengurusnya untuk mempersiapkan rangkaian perayaan natal," kata Asep.

DLH juga mengerahkan regu comot di lingkungan gereja bekerja sama dengan Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan terkait.

Baca Juga

Cek Kesiapan Angkutan Natal dan Tahun Baru, Dishub Solo Temukan Bus tidak Laik Jalan

Selain personel, Dinas Lingkungan Hidup juga menyiapkan kendaraan angkut sampah, road sweeper atau mobil penyapu jalan otomatis, toilet mobile, tempat sampah beroda, dan menyiagakan TPST Bantargebang beroperasi 24 jam untuk melakukan pelayanan di malam Natal.

Asep melanjutkan, terutama untuk gereja-gereja besar yang jemaatnya ramai, petugas dan armada penanganan kebersihan ditugaskan lebih optimal. Misalnya di Gereja Katedral dan Immanuel Jakarta Pusat, Gereja Ayam di Jakarta Barat, Gereja Advent dan HKBP Pasar Minggu Jakarta Selatan, Gereja Theresia Jakarta Timur, dan Gereja Tiberias Indonesia Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Sementara itu, lanjut Asep, pihaknya juga mengantisipasi penanganan kebersihan di tempat-tempat wisata Jakarta. Seperti di Kawasan Monas, Taman Margasatwa Ragunan, Kawasan Ancol, Kawasan Kota Tua, dan Taman Mini Indonesia Indah.

"Walaupun tempat-tempat wisata tersebut ada pengelolanya, penanganan kebersihannya kita backup untuk menjamin kualitas layanan yang dirasakan warga," katanya.

Di beberapa tempat wisata dan pusat keramaian utama di Jakarta juga disiapkan bus toilet, mobil sapu jalan otomatis, menempatan dust bin, serta petugas gerobak motor yang setiap 2 jam sekali melakukan penyisiran sampah.

Dinas Lingkungan Hidup, ungkap Asep, juga membuka kanal-kanal dan hotline pengaduan penanganan sampah. Selain melalui CRM di Aplikasi JAKI, masyarakat juga bisa menyampaikan melalui sosial media Dinas Lingkungan Hidup, maupun Pemprov DKI Jakarta. (Asp)

Baca Juga

Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem saat Libur Natal dan Tahun Baru

#PPSU #Natal #Natal 2022
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan