DKTJ Usulkan Tarif Tiket TransJakarta Kalideres-Bandara Soetta Rp 5 Ribu

Mula AkmalMula Akmal - Selasa, 01 Agustus 2023
DKTJ Usulkan Tarif Tiket TransJakarta Kalideres-Bandara Soetta Rp 5 Ribu
Halte TransJakarta Gatot Subroto LIPI mulai beroperasi, Jumat (14/7/2023). ANTARA/HO-PT TransJakarta

MerahPutih.com - Pemerintah DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) tengah menggelar pelaksanaan uji coba TransJakarta rute Terminal Kalideres-Bandara Soekarno Hatta.

Kepala Dishub DKI, Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya belum menetapkan berapa tarif yang dikenakan untuk rute Kalideres-Bandara Soetta. Namun, Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) mengusulkan besaran tarif layanan TransJakarta rute Kalideres-Bandara Soetta sebesar Rp 5.000.

Baca Juga:

TransJakarta Tambah Jam Layanan Uji Coba Rute Kalideres-Bandara Soetta

"Hari ini sudah terbit rekomendasi DKTJ, yang diusulkan untuk tarif itu DKTJ mengusulkan itu 5000 rupiah, tentu ini akan masih kami bahas di tingkat provinsi setelah kami menerima surat dari usulan DKTJ tersebut," kata Syafrin di Jakarta, Selasa (1/8).

Syafrin tegaskan, tarif 5 ribu itu sudah dapatkan suntikan subsidi dari Pemerintah DKI Jakarta. Apabila tak ada subsidi atau public service obligation (PSO), tarif yang dikenakan bisa Rp 12 ribu.

Lanjut Syafrin, pihaknya pun tak tahu alasan kenapa DKTJ merekomendasikan tarif TransJakarta rute Kalideres-Bandara Soetta Rp 5 ribu.

"Tentu ada subsidi dengan besaran Rp 5000 akan ada subsidi karena tarif keekonomiannya sekitar per 12 ribu," urainya.

Baca Juga:

Selama 2 Pekan, TransJakarta Rute Bandara Soetta Sudah Angkut 10 Ribu Penumpang

Kendati demikian, ucap Syafrin, Dishub DKI terus melakukan rapat koordinasi dengan sejumlah pihak untuk memutuskan tarif TransJakarta rute Kalideres-Bandara Soetta.

"Iya, belum (diputuskan tarifnya), belum, masih dikomunikasikan," tuturnya.

Syafrin menuturkan, ujicoba layanan TransJakarta rute bandara masih dilanjutnya sambil menggodok besaran tarif. TransJakarta pun menambah jam ujicoba rute tersebut.

"Dari hasil evaluasi, kita sudah melakukan beberapa penyesuaian, seperti contoh operasionalnya jam semula 06.00-09.00 WIB jadi jam 05.30-09.05 WIB, sorenya 18.00-21.00 WIB berubah menjadi 16.30-21.05 WIB. Itu penyesuaian," pungkasnya. (Asp)

Baca Juga:

TransJakarta Ubah Jam Layanan Uji Coba Rute Kalideres-Bandara Soetta

#TransJakarta #DKI Jakarta #Bandara Soekarno-Hatta #Terminal Kalideres
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan