DKI Siap Lakukan Vaksinasi COVID-19 di 453 Fasilitas Kesehatan

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 05 Januari 2021
DKI Siap Lakukan Vaksinasi COVID-19 di 453 Fasilitas Kesehatan
Vaksin COVID-19 Sinovac saat tiba di Bio Farma. (Foto: Sekretariat Presiden)..

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan, siap melakukan vaksinasi COVID-19. Rencanannya, pekan kedua bulan Januari 2021 vaksinasi COVID-19 mulai dilakukan kepada warga ibu kota.

"Rencana antara minggu kedua dan ketiga bulan Januari 2021," ujar Wakil Gubernur (Wagub), Ahmad Riza Patria kepada wartawan, Senin (4/1).

Riza mengatakan, sasaran vaksinasi COVID-19 tahap 1 diperuntukan bagi tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang, serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Baca Juga:

Jakarta Tambah 3 RS Rujukan COVID-19

"Penerima tahap pertama ditujukan kepada tenaga kesehatan, dengan sasaran di DKI sejumlah 119.145," terang Riza.

Riza melanjutkan, Pemprov DKI juga sudah menyiapkan sebanyak 453 fasilitas kesehatan (Faskes) untuk pelaksanaan proses vaksinasi COVID-19 di Jakarta.

Tak hanya Fakes, ucap Riza, pihaknya juga menyediakan sejumlah petugas kesehatan yang ditugasi untuk melakukan penyuntikan vaksin COVID-19.

"Petugas kesehatan dokter, perawat dan bidan sebagai vaksinator," ucap Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta.

Wagub DKI Ahmad Riza Patria. (Foto: Antara)
Wagub DKI Ahmad Riza Patria. (Foto: Antara)

Meski begitu, Riza menyampaikan, Pemprov DKI belum menerima vaksin Sinovac dari pemerintah pusat melalui Bio Farma. Kini DKI menunggu penyaluran vaksinasi tersebut.

"Kita belum terima, kita sampai saat ini menunggu kebijakan," ujarnya.

Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas tersebut menegaskan bahwa kedisiplinan masyarakat dan vaksinasi harus berjalan beriringan. Vaksinasi yang ditargetkan untuk kurang lebih 182 juta penduduk Indonesia memerlukan waktu sehingga seluruh pihak tidak boleh lengah terhadap penyebaran virus korona penyebab Covid-19.

"Meski ada vaksinasi, disiplin tetap diperlukan karena Covid-19 ini masih ada di global. Jadi pandemi global ini belum berakhir," tuturnya. (Asp)

Baca Juga:

Jawa Timur Terima 77.760 Vaksin Sinovac

#Vaksinasi #Vaksin Covid-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan