DKI Gelar Operasi Pasar di 44 Titik Demi Patahkan Mitos Inflasi Lebaran Pasar Induk Beras. Foto: Antara

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal menggelar Operasi Pasar Murah di 44 pasar tradisional untuk mematahkan mitos inflasi naik selama bulan puasa dan hari raya Idul Fitri karena lonjakan harga barang kebutuhan pokok.

"Kita akan all out. Kita akan pantau bahan baku selalu bergejolak, kita ingin patahkan sekarang. Jelajah Distribusi Pangan Jakarta. Kita akan mulai satu per satu," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Gudang Beras Cipinang, Jakarta, Rabu (16/5).

beras cipinang
Pasar Induk Beras Cipinang Jakarta. Foto: Antara

Menurut Sandiaga, bulan April lalu harga pangan di DKI Jakarta sempat mengalami deflasi. Berangkat dari itu, lanjut dia, Pemprov DKI ingin menjaga stabilan harga pangan pada bulan Mei hingga lebaran yang jatuh Juni mendatang. "InsyaAllah Jakarta akan menyumbangkan inflasi harga yang baik," imbuh Wagub.

Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasruddin menjelaskan operasi pasar itu digelar di lima wilayah Jakarta mulai 16 Mei sampai 14 Juni 2018. "44 lokasi pasar yang akan ikut dalam kegiatan operasi pasar murah tersebut akan menjual sejumlah kebutuhan pokok dengan harga murah," kata dia.

beras
Pekerja mengangkat karung beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Rabu (2/5). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi pada bulan April 2018 pada level 0,10 persen atau lebih rendah pada bulan sebelumnya yang berada pada level 0,20 persen karena dipengaruhi turunnya harga beras setelah panen raya. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.

Lokasi 44 pasar murah di antara digelar di Pasar Baru Metro Atom, Cempaka Putih, Gondangdia, Johar Baru, Paseban, Petojo llir, Palmerah, Jembatan Lima, Grogol, Cengkareng, serta Pos Pengumben untuk wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Barat. Wilayah Jakarta Timur meliputi Pasar Rawamangun, Cibubur, Cijantung, Ciplak, Pal Meriam, Pulo Gadung, Pramuka, dan Ujung Menteng.

Untuk wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Selatan meliputi Pasar Koja Baru, Sunter Podomoro, Rawa Badak, Pluit, Kelapa Gading, Pademangan Timur, Kalibaru, Santa, Mampang Prapatan, Pasar Rumput, Cipete Fatmawati, Pondok Labu, Lenteng Agung, Tebet Barat, dan Pesanggrahan.

operasi pasar
Operasi Pasar Murah. Foto: Antara

Tak hanya pasar tradisional, operasi juga digelar di sejumlah Unit Pasar Besar (UPB) meliputi, UPB Pasar Jatinegara, UPB Pasar Perumnas Klender, UPB Pasar Mayestik, UPB Pasar Kebayoran Lama, UPB Pasar Minggu, UPB Pasar Induk Kramat Jati, UPB Pasar Tanah Bang Blok A-G, UPB Pasar Senen, UPB Pasar Glodok, dan UPB Pasar Tomang Barat.

Operasi pasar murah ini akan menjual kebutuhan pokok seperti gula pasir, tepung terigu, minyak goreng, beras, daging sapi, daging kerbau, daging ayam, bawang putih, bawang merah hingga telur. Komoditi bahan pokok yang dijual disuplai dari PT Food Station Tjipinang Jaya dan PD Dharma Jaya.

"Nantinya di operasi pasar murah di 44 titik ini, masyarakat dapat melakukan transaksi pembayaran tunai atau non tunai," imbuh Arief. (Asp)

Kredit : asropih


Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH