DKI Batalkan Tawarih Massal Monas Hasil Bujukan Ulama Monumen Nasional (Monas). Foto: Antara

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menerima usulan dari anggota Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memindahkan acara buka puasa dan tarawih bersama di Monumen Nasional (Monas) ke Masjid Istiqlal.

"Ini bukan urusan lain, kalau urusan ibadah kita ikut pada pedoman yang digariskan ulama," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat.

Faktor keamanan juga diperhitungkan Pemprov DKI untuk tidak melaksanakan tarawih berjamaah di lapangan luas. Diakui Anies, memang, lebih baik salat tarawih diselenggarakan di masjid.

Anies sandi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) didampingi Wakil Gubernur Sandiaga Uno (kanan). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Menurut Anies, Pemprov DKI telah berkoordinasi dengan pengelola Istiqlal terkait pemindahan lokasi acara. "Pada waktu yang sama karena jumlah jamaah mungkin banyak karena itu masjid yang posisinya mudah dijangkau, di tengah dan lain lain gunakan Istiqlal," tutur Anies.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan Pemprov DKI sudah menyiapkan sekitar 30.000 lebih makanan kotak untuk acara yang bakal dipindah ke Masjid Istiqlal itu.

Menurut Sandiaga, setiap kejadian pasti ada hikmahnya. Dia pun berharap pemindahan di Mesjid Istiqlal nantinya dapat meningkatkan gairah masyarakat untuk lakukan salat tarawih. "Kita harus menerangi masjid kita khususnya di akhir hari hari bukan ramadan," katanya, di Jakarta, Selasa (22/5).

Umat muslim menunaikan salat tarawih pertama di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (16/5). Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1439 Hijriyah jatuh pada Kamis (17/5). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Di lokasi yang berbeda, Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah menuturkan Pemprov DKI sudah berkoordinasi dengab pihaknya soal pemindahan yang awalnya di Monas ke Mesjid terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

Abu mengaku Pemprov DKI Juga akan membantu menambahkan makanan buka bersama di Istiqlal. "Begitu pula satpol PP ikut membantu menertibkan jamaah," kata dia saat dikonfirmasi MerahPutih.com. (Asp)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH