DKI Bangun LRT Senilai Rp 320 Triliun

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 05 Januari 2018
DKI Bangun LRT Senilai Rp 320 Triliun
Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno. (MP/Asropih Opih)

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi DKI bekerja sama dengan PT Ratu Prabu Energi akan membangun kereta Light Rail Transit (LRT) sepanjang 200 km, yang tersebar di wilayah DKI Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno menyebut akan ada investasi sebesar US$ 25 miliar untuk penambahan jalur LRT tersebut.

"Mereka (PT Ratu Prabu) bilang mau bangun proyek LRT sepanjang 200 km. Dana yang diperlukan mencapai US$ 25 miliar atau setara Rp 320 triliun," kata Sandiaga di Jakarta, pada Kamis (4/1) malam.

Mantan Ketua HIPMI ini menuturkan konsep pembangunan LRT yang diajukan Ratu Prabu tanpa dukungan dari pemerintah dalam pemberian jaminan, dan melibatkan investor Korea, Tiongkok, dan Jepang.

"Ini konsepnya full business to business tanpa dukungan pemerintah sebagai pemberi jaminan," jelas Sandiaga.

Sandiaga mengaku, konsep tersebut akan segera dirampungkan, namun Pemprov DKI tak terburu-buru merampungkan. Lanjut dia yang pasti ke depannya program ini akan memakan banyak lapangan kerja yang tercipta.

Lebih dalam, politisi Partai Gerindra ini menyakini dengan program itu ibu kota akan lebih baik dan bebas dari kesemrawutan, sehingga masyarakat akan mulai menggunakan transportasi umum.

"Kami sekarang sedang kaji berapa jumlahnya lapangan yang tercipta. Tapi ini akan memastikan bahwa Jakarta punya transportasi berbasis rel yang tidak kalah dengan kota-kota besar di luar negeri," tandasnya (Asp)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Pemprov DKI Janjikan Pembangunan LRT Tak Bongkar Pasar Tanah Abang

#Sandiaga Uno #LRT
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan