Diwarnai Protes, Ahsan/Rian Melaju ke Babak Kedua Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro. (Dok PBSI)

MerahPutih.com - Pasangan ganda putra, Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro merasa dicurangi saat bertanding melawan pasangan Taiwan Lu Ching Yao/Yang Po Han di babak pertama China Open Super Series Premier 2017. Ahsan/Rian sempat melakukan protes kepada wasit yang memimpin jalannya pertandingan.

Pertandingan Ahsan/Rian dengan Lu/Yang yang berlangsung di Haixia Olympic Sports Center, Fuzhou, Tiongkok, Rabu (15/11) ini sempat diwarnai aksi protes kepada wasit. Ahsan/Rian yang beberapa kali merasa dirugikan pun, meminta bantuan referee untuk mengatasi hal tersebut.

“Beberapa kali kami sempat dicurangi. Bola masuk, linesman bilang masuk tapi dikoreksi, kedua bola nggak sampai saat servis, kemudian yang ketiga sempat ragu-ragu. Keputusan ini sebenarnya mengganggu. Tapi kemudian saya balikin aja supaya lebih ada gairah dan luapan emosinya keluar untuk semangat bertanding. Walaupun dicurangi tetap nggak mau kalah,” kata Ahsan.

Ahsan/Rian harus mengalami kekalahan di game pertama mereka. Setelah merubah strategi, keduanya akhirnya bisa menang di dua game berikutnya, dalam waktu 65 menit pertandingan.

Pasangan ini bangkit di game kedua dan berhasil memenangkan game penentu. Skor akhir 18-21, 21-15, 21-16 untuk kemenangan Ahsan/Rian.

Kemenangan ini sekaligus menambah catatan positif Ahsan/Rian dari Lu/Yang. Sebelumnya, kedua pasangan ini pernah bertemu sekali di French Open Super Series 2017, saat itu Ahsan/Rian menang 21-17 dan 21-18.

“Lawan Taiwan lebih ke kencang-kencangan. Kami harusnya main tempo kami, tapi kami malah banyak kebawa tempo mereka. Jadi sama-sama ngotot dan kami malah tertekan. Terakhir-terakhir kami berubah lebih tenang, lebih memperlambat permainan, akhirnya bisa melewati juga,” ujar Rian.

“Pertandingan hari ini cukup lama tapi kami sudah biasa juga. Setelah ini kami recovery lagi, mudah-mudahan besok sudah lebih baik,” kata Ahsan menimpali.

Selanjutnya di babak dua, Ahsan/Rian akan berhadapan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, Denmark. Astrup/Rasmussen sendiri sebelumnya telah mengalahkan wakil Indonesia lainnya, yaitu Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi dengan 20-22, 21-19, 21-12. (*)



Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH