Divhumas Polri Persiapkan Diri Jelang Berubah Jadi Badan Kadiv Humas Polri Irjen (Pol) Mohammad Iqbal. (Foto: MP/Kanugrahan)

MerahPutih.com – Salah satu program prioritas Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis adalah mengembangkan manajeman media dalam hal ini Humas Polri.

Jenderal Idham Azis ingin Humas Polri bertansformssi menjadi Badan Humas, yang artinya akan dipimpin perwira jenderal bintang tiga atau komjen pol.

Baca Juga:

Berubah Jadi Badan, Humas Polri Bakal Dipimpin Jenderal Bintang Tiga

Kadiv Humas Polri Irjen (Pol) Mohammad Iqbal mengatakan bahwa fungsi Humas Polri kini tak lagi sekadar juru bicara. Humas Polri akan menjadi penentu di era digital ini untuk mengelola media dalam menjaga pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Kadiv Humas Polri Irjen (Pol) Mohammad Iqbal. (Foto: MP/Kanugrahan)
Kadiv Humas Polri Irjen (Pol) Mohammad Iqbal. (Foto: MP/Kanugrahan)

“Humas Polri akan jadi fungsi utama seperti yang disampaikan Pak Kapolri. Pak Kapolri ingin manajemen media lebih dimasifkan. Pendekatan dengan media mainstream, dengan masyarakat itu penting untuk menjaga kamtibmas,” kata Irjen Iqbal dalam acara Focus Group Discussion (FGD) mengangkat tema "Strategi Humas Polri dalam Mengelola Media Guna Meningkatkan Kepercayaan Publik untuk Menjaga Stabilitas Keamanan Negara menuju Indonesia" di Hotel Ambhara, Jakarta, Senin (9/12).

Hadir dalam acara ini Sekretaris Jenderal Kominfo Rosarita Niken Widiastuti, Direktur Komunikasi Indonesia Indikator Rustika Berkembang, Komisioner Kompolnas Irjen (Purn) Bekto Suprapto, Karo PID Divisi Humas Polri Brigjen Syahardiantono dan para pejabat utama Divisi Humas Polri.

Baca Juga:

Merajut Kebhinekaan Dalam Kadiv Humas Polri Cup 2019

Iqbal mengatakan, Humas Polri juga harus mampu untuk mengelola isu-isu di media sosial. Sebab, publik membutuhkan informasi yang pasti karena media sosial tak jarang muncul isu yang tak terverifikasi atau hoax.

Kadiv Humas Polri Irjen (Pol) Mohammad Iqbal. (Foto: MP/Kanugrahan)
Kadiv Humas Polri Irjen (Pol) Mohammad Iqbal. (Foto: MP/Kanugrahan)

Sementara itu, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Argo Yuwono mengatakan, era digital 4.0 ini memang mengharuskan Polri turut berkembang, salah satunya melalui fungsi humas.

Jika nantinya menjadi Badan Humas, Brigjen Argo mengatakan, Polri akan memasifkan pendekatan dengan media dan masyarakat.

“Dengan membesarnya humas itu intinya akan mendekatkan polisi kepada masyarakat, kepada teman-teman media, agar bisa memudahkan kepolisian memberikan pesan itu sampai ke masyarakat dengan baik, jadi sampai nanti tidak ada istilahnya berita-berita yang hoax dan sebagainya,” terangnya. (Knu)

Baca Juga:

Jenderal Humas Polri dan Ketua Umum PSI Hadir di Kopdar Fortiber Ke-20


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH