Diusung PDI Perjuangan di Pilgub Kalbar, Bagaimana Peluang Karolin-Suryatman? Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (MP/John Abimanyu)

MerahPutih.Com - Karolin Margret Natasa bagi PDI Perjuangan seperti sosok kunci di wilayah Kalimantan Barat. Bupati Landak yang juga mantan anggota DPR itu tak lain adalah putri Gubernur Kalbar Cornelis.

Demi mengamankan Pilgub Kalbar, PDI Perjuangan mengusung Bupati Landak Karolin Margret Natasa dan Bupati Bengkayang Suryatman Gidot sebagi cagub dan cawagub.

"Ini satu-satunya perempuan, dia sudah lama masuk PDIP. Kecil-kecil cabe rawit. Saya bilang Karolin ini Cornelis perempuan, lebih galak dari bapaknya," kata Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di kantor DPP PDI Perjuangan di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (7/1).

Karolin merupakan putri dari Gubernur Kalimantan Barat Cornelis yang sudah menjabat dua periode, merupakan seorang dokter yang beralih menjadi politisi dan terjun ke dunia politik sebagai juru kampanye pada 2009.

"Pernah waktu itu dia lagi hamil pada 2009 naik turun panggung untuk kampanye, sampai saya yang takut lagi hamil begitu saya bilang sudah pulang saja kamu dari pada nyusahin," ujar Mega.

Megawati sebagaimana dilansir Antara mengatakan, meski Karolin masih berusia muda namun telah menorehkan prestasi antara lain sebagai bupati terbaik se-Kalimantan pada 2017.

Sementara Suryatman Gidot yang dipasangkan sebagai cawagub, merupakan Bupati Bengkayang dua periode dan sebelumnya anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan.

Saat pendeklarasian, Karolin dan Suryatman mengenakan pakaian adat Kalimantan dilengkapi dengan hiasan kepala dari manik-manik khas Dayak.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH