Diumumkan, Nominasi Oscar 2020 Penuh Kejutan Nominasi Piala Oscar 2020 resmi diumumkan. (foto: pixabay/analogicus)

MUSIM penghargaan di 2020 resmi dimulai. Setelah Golden Globe, Academy Award menyusul. Nominasu lengkap Piala Oscar 2020 diumumkan pihak The Academy of Motion Pictures Arts and Sciences, Senin (13/1) waktu AS.

John Cho dan Issa Rae menjadi host ajang Academy Awards ke-92 itu. Saat nominasi dibacakan, sejumlah kejutan terjadi. Beberapa film yang diprediksi masuk nominasi memang berhasil masuk daftar, tapi beberapa karya yang tidak disangka malah masuk daftar nominasi.

BACA JUGA: Gara-Gara 'Bad Boys', Will Smith dan Martin Lawrence Dikasi Lencana Polisi


1. 'Jenny from the Block' Gagal Masuk Best Supporting Actress

JLo
Akting Jennifer Lopez di Hustlers tak membuatnya masuk nominasi. (foto: the wrap)


Aktris Jennifer Lopez menjadi salah satu kandidat kuat masuk nominasi Best Supporting Actress Oscar. Sebelumnya, bintang Latin itu masuk nominasi Golden Globes dan SAG Awards. Entah bagaimana, secara mengejutkan, pemeran Hustlers ini tidak masuk nominasi. Alih-alih, Kathy Bates yang menerima nominasi untuk film Richard Jewell.

Bates menjadi salah satu kejutan di Oscar tahun ini. Ia juga secara mengejutkan menjadi nominasi di Golden Globes. Bates masuk nominasi lewat perannya sebagai ibu dari Richard Jewell yang sangat emosional karena anaknya dituduh menjadi dalang utama peristiwa pengeboman Olimpiade Atlanta 1996.

2. Tak ada Beyonce di Best Original Song

beyonce
Lagu Spirit milik Beyonce juga tak masuk nominasi. (foto: nytimes)


Jangan berharap Queen Bey akan tampil di Oscar. Beyonce yang diprediksi kuat akan masuk daftar nominasi lewat lagu Spirit dari film Lion King malah terjungkal dari daftar nominasi. Pihak akademi justru memilih I'm Standing With You dari film Breakthrough dan I Can't Let You Throw Yourself Away dari Toy Story 4.

Sebetulnya sih, tidak mengherankan ketika dua lagu tersebut masuk nominasi, mengingat I'm Standing With You ditulis 11 kali nominasi Oscar, Diane Warren. Sementara itu, I Can't Let You Throw Yourself Away ditulis Randy Newman, 20 kali nominasi dan dua kali pemenang Oscar.


3. Film Asing di Best Picture

parasite
Film Parasite menjadi kejutan di best pictutre. (foto: america.cgtn)

Kejutan besar datang dari kategori Best Picture. Film Parasite mencetak sejarah saat masuk nominasi Best Picture Oscar. Selain itu, Parasite juga masuk beberapa nominasi lainnya, seperti Best Director, Foreign Language Film, Best Original Screenplay, Best Production Design, dan Best Film Editing.

Film Ford vs Ferrari juga cukup menyita perhatian. Film yang itu masuk kategori Best Picture tanpa masuk nominasi Best Actor, Directing, ataupun Screenplay. Film garapan James Mangold ini secara total mendapat empat nominasi, tiga lainnya ialah untuk Best Sound Mixing, Best Sound Editing, dan Best Film Editing.

4. Animasi Laris Malah Gagal Masuk Nominasi

frozen 2
Meski laris, Frozen 2 tak masuk nominasi. (foto: slashfilm.com)

Tak selamanya film box office masuk nominasi Oscar. Itu seperti jadi hukum di penghargaan ini. Tahun ini, film animasi Frozen 2 yang gagal total. Meski menjadi film animasi paling sukses di box office, Frozen 2 ternyata tidak dimasukkan ke daftar.

Film Klaus, I Lost My Body, Missing Link, How To Train Your Dragon: The Hidden World, dan Toy Story 4 menjadi film animasi yang bersaing untuk Best Animated Feature Oscar 2020.


5. Adam Sandler yang Gagal Lagi

adam sandler
Akting apiknya tak membuahkan nominasi. (foto: dazeddigital)

Lagi-lagi Adam Sandler tidak berhasil masuk nominasi Oscar. Sandler harus bersaing masuk daftar dengan Jonathan Pryce, Eddie Murphy, dan Taron Egerton. Dari keempat nama tersebut, pihak akademi memilih Pryce lewat filmnya The Two Popes, sedangkan Sandler yang bermain dalam Uncut Gems harus pulang tanpa nominasi.(drw)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH