Ditunjuk Jokowi Jadi Kapolri, Berapa Harta Kekayaan Komjen Idham Azis?

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Kamis, 24 Oktober 2019
Ditunjuk Jokowi Jadi Kapolri, Berapa Harta Kekayaan Komjen Idham Azis?
Inspektur Jenderal Polisi Idham Azis (tengah). ANTARA FOTO/Reno Esnir

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Kabareskrim Komjen Idham Azis sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Tito Karnavian. Tito sendiri baru saja dilantik sebagai Menteri Dalam Negeri di Kabinet Indonesia Maju.

Berdasarkan data dari elhkpn.kpk.go.id yang yang dilihat merahputih.com pada Kamis (24/10), pria kelahiran Kendari, Sulawesi Tenggara, 30 Januari 1963 ini melaporkan harta kekayaannya pada 8 Maret 2019.

Baca Juga

Jokowi Tunjuk Komjen Idham Azis Jadi Kapolri Gantikan Tito Karnavian

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tersebut, Idham memiliki harta kekayaan Rp 5.513.808.813. Adapun harta yang dimiliki lulusan Akpol 1988 ini terdiri dari harta bergerak dan tidak bergerak.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini memiliki harta tak bergerak berupa tanah dan bangunan mencapai total Rp 3. 458.937.000 yang tersebar di Depok, Jawa barat dan Kendari, Sulawesi Tenggara.

Untuk harta bergerak, Idham memiliki mobil merek Toyota Innova Venturer tahun 2017 dan Mobil merek Toyota Kijang Innova Tahun 2016 dengan nilai total Rp 730 juta.

Kabareskrim Komjen Pol Idham Azis
Kabareskrim Komjen Pol Idham Azis. ANTARA FOTO/Dyah Dwi

Selain itu, Idham memiliki harta bergerak lainnya mencapai Rp 490 juta. Sementara untuk Giro dan kas lainnya mencapai total Rp 834.871.813. Dia tidak memiliki hutang. Sehingga total kekayaan Idham Aziz mencapai Rp 5.513.808.813.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi langsung mengajukan nama pengganti Tito Karnavian yang baru saja diangkat menjadi Mendagri. Nama Kabareskrim Komjen Idham Azis diajukan ke DPR.

Surat Presiden yang berisi pengajuan Kapolri baru sudah diterima DPR Rabu (23/10) kemarin.

Baca Juga:

Ditunjuk Jadi Calon Kapolri, Komjen Idham Azis: Saya Siap Jalankan Amanah

Uji kepatutan dan kelayakan akan dilakukan setelah anggota-anggota di Komisi III ditetapkan. Rencananya, Kabareskrim itu menjalani fit and proper test pekan depan.

Sementara itu, sebelum Idham Aziz menjalani fit and proper test, pelaksana tugas (Plt) Kapolri tetap dijabat oleh Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto. (Pon)

#Idham Azis #Kapolri #Calon Kapolri
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan