Game

Dituduh Susupi 'Spyware', miHoYo Perbaiki Sistem Keamanan di Game Genshin Impact

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 06 Oktober 2020
Dituduh Susupi 'Spyware', miHoYo Perbaiki Sistem Keamanan di Game Genshin Impact
Developer miHoYo meminta maaf akibat program pada game Genshin Impact yang berpotensi mengambil informasi pengguna. (Foto: Game Rant)

GIM Genshin Impact baru saja dirilis pada akhir bulan lalu. Gim besutan miHoYo bisa dimainkan di PlayStation 4, PC, dan ponsel pintar. Bahkan miHoYo memberikan fitur cross-platform bagi kamu yang ingin memainkan Genshin Impact bersama temanmu yang berbeda platform.

Dilansir dari laman IGN, berbeda dengan versi PC, miHoYo memberikan suatu program di dalam gimnya berupa fitur keamanan, anti-cheat dan anti-pirating. Tujuannya adalah untuk menghindari kecurangan dalam bermain gim dan membuat orang yang tidak bertanggungjawab tidak bisa membajak gim tersebut.

Baca Juga:

Asyik, Apex Legends Bisa Cross-Play

mihoyo
Program yang dieksekusi hingga kernel selalu menyala meski game tidak dimainkan. (Foto: Reddit)

Sayangnya program yang dibuat dengan eksekusi berbasis kernel ternyata malah membuat para pemain PC tidak aman. Bahkan dituduh menjadi program 'spyware' yang mampu menggali informasi dalam PC.

Sangat mencurigakan, program tersebut selalu menyala bahkan ketika pemain tidak menyalakan gimnya. Tentu dengan kasus ini banyak sekali pemain yang menghapus semua data gim Genshin Impact. Para gamers takut bila informasi mereka bocor, dan berpotensi diperjualbelikan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Setelah miHoYo menerima keluh kesah pemain, dengan bijak miHoYo memberikan pengumuman resmi mengenai program keamanan tersebut. Mereka mengklarifikasi bahwa program tersebut sudah diperbaiki, sehingga hanya bisa dieksekusi hingga sistem saja. Mereka menegaskan bahwa program tersebut hanyalah sebatas anti-piracy, dan anti-cheat yang hanya membaca informasi, bukan menulis, memproses, hingga menggunakan internet untuk memberikan data ke pusat.

Baca Juga:

Beberapa Game PS 5 yang sudah bisa dibeli pada 12 November

Dengan kata lain, miHoYo memohon maaf yang sebesar-besarnya, mereka tidak memiliki maksud melanggar privasi pemainnya.

Genshin Impact adalah gim besutan developer asal Tiongkok, miHoyo. Dimana pemain akan bermain sebagai Traveler yang berkeliling pulau besar berbasis open-world. Pemain bisa mengeksplorasi benua dengan pemandangan yang indah. Selain itu, pemain juga bisa memiliki tim yang akan membantu Traveler menyelesaikan puluhan dungeon yang menantang.

Terinspirasi dari The Legend of Zelda: Breath of the Wild, Genshin Impact memiliki fitur kece di antaranya fitur multiplayer agar dapat bermain bersama teman, cross-play, serta cross-save yang akan membuat permainan bisa dibawa kemana-mana menggunakan ponsel pintar. (dnz)

Baca Juga:

Intip Kerennya Gameplay 'Spider-Man Remastered' untuk Konsol Next-Gen

#Game #Video Game #Ponsel Pintar #PC
Bagikan
Ditulis Oleh

Aldonov Danoza

The love we take is equal to the love we make
Bagikan