Dituding Manipulasi Surat Rekomendasi Formula E, Sekda DKI Bela Anies Sekda DKI, Saefullah. Foto: ANTARA/AKBAR NUGROHO GUMAY

MerahPutih.Com - Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah membela Gubernur Anies Baswedan yang dituding memanipulasi surat rekomendasi Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) DKI untuk memuluskan perhelatan Formula E di kawasan Monas pada 6 Juni 2020 mendatang.

Menurut dia, hal itu hanya kesalahan ketik saja. Dengan begitu, pihaknya bersedia untuk memperbaikinya.

Baca Juga:

Lintasan Formula E di Monas Bakal Dibongkar Setelah Digelar

“Kalau ada kekeliruan naskah, salah input yang mengetik kali ya, diperbaiki saja," ujar Saefullah di Balaikota DKI, Jakarta Pusat. Jumat (14/2).

Sekda DKI bela Anies soal rekomendasi Formula E di Monas
Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah. (ANTARA FOTO/Retno Esnir)

Dalam surat Anies yang dialamatkan kepada Sekretariat Negara (Setneg) selaku Komisi Pengarah Penkawasan Medan Merdeka, Anies mengaku telah mengantongi rekomendasi dari TACB.

Namun hal itu malah dibantah oleh ketua TACB DKI Jakarta Mundardjito. Dia mengaku tak pernah mengeluarkan rekomendasi tersebut untuk menggunakan Monas sebagai lokasi lintasan mobil balap berenergi listrik itu.

Saefullah pun menegaskan bahwa Anies tidak merekayasa surat rekomendasi itu. "Kagak ada manipulasi. Kesalahan itu kan siapa saja bisa salah," ungkapnya.

Seperti diketahui, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menuding Gubernur Anies Baswedan memanipulasi surat rekomendasi dari Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) DKI. Langkah itu dilakukan Anies agar TACB mengizinkan penggunaan Monas untuk aren ajang Formula E.

Baca Juga:

PSI Sebut Setneg Plin Plan Soal Perizinan Formula E di Jakarta

Dugaan manipulasi ini tertuang dalam Surat Gubernur yang terbit pada 11 Februari 2020. Dalam surat itu, Anies menyebut sudah memperoleh izin dari tim cagar budaya Pemprov DKI.

"Saya sebagai ketua dewan, dan juga dari fraksi (PDIP) melihat ada manipulasi bahwa seakan-akan Kepala Cagar Budaya Pak Marjito ini mengiakan. Padahal, belum dikonfirmasi," kata Prasetyo di Jakarta Kamis (13/2).(Asp)

Baca Juga:

Anies Bertemu Presiden Jokowi Bahas Lanjutan Balapan Formula E di Monas

Kredit : asropihs


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH