Ditolak di Semarang, Ini Kata Ketua Advokasi Hukum FPI Jateng

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 14 April 2017
Ditolak di Semarang, Ini Kata Ketua Advokasi Hukum FPI Jateng
Massa berbagai ormas Kota Semarang melakukan aksi menuntut pembubaran kegiatan FPI di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (13/4) malam. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Ketua Advokasi Hukum FPI Jawa Tengah Zainal Abidin Petir berpendapat bahwa pelarangan pembentukan ormas Front Pembela Islam (FPI) di negara hukum seperti Indonesia jelas mencederai demokrasi.

Diberitakan sebelumnya, aksi pembubaran deklarasi pembentukan Front Pembela Islam (FPI) Kota Semarang terjadi di kediaman Zainal Abidin, Jalan Pergiwati I Nomor 19, Bulu Lor, Semarang Utara, Kamis (13/4) malam.

Sekitar seribu orang yang berasal dari berbagai ormas berada di sekitar lokasi acara tersebut. Mereka menyatakan menolak kegiatan di rumah Zainal itu, antara lain, Ansor, Laskar Merah Putih, Garda Nusantara, dan Patriot Garuda Nusantara.

Zainal meminta semua pihak untuk membaca Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945. Dalam Pasal 28 E Ayat (3) UUD NRI 1945 menyebutkan bahwa setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat.

Vide pula Pasal 24 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia (HAM). Dalam pasal ini disebutkan bahwa setiap orang berhak untuk berkumpul, berapat, dan berserikat, untuk maksud-maksud damai.

"Ormas itu bagian dari aset bangsa. Ormas itu sangat mulia karena sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas)," kata Zainal Abidin di Semarang, Jumat (14/4) pagi.

Ormas sebagimana amanat UU Ormas, katanya, adalah sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam pemberdayaan masyarakat, pelayan masyarakat, penjaga nilai agama, pelestari norma, moral, etika, dan budaya yang hidup dalam masyarakat.

Selain itu, lanjut Zainal, juga berfungsi sebagai pengemban kesetiakawanan serta penjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Jadi, tidak ada yang salah dengan pembentukan ormas FPI," kata Zainal.

Sumber: ANTARA

#Front Pembela Islam (FPI) #Kota Semarang #Jawa Tengah
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan