Ditemukan Kasus Bayi Gizi Buruk di Batam Ilustrasi. (MP/Mauritz)

MerahPutih.com - Seorang bayi, VAK, yang berusia sembilan bulan menderita gizi buruk. VAK kini dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Embung Fatimah Kota Batam, Kepulauan Riau.

"Ada seorang bayi yang dirawat di RSUD Embung Fatimah karena gizi buruk," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri Tjetjep Yudiana usai meninjau RSUD Embung Fatimah Batam, Rabu (24/1), dilansir Antara.

Bayi VAK kini berada dalam penanganan intensif RSUD Embung Fatimah. Menurut Tjetjep kondisinya terus membaik.

Semestinya bayi VAK mengonsumsi air susu eksklusif hingga usianya genap enam bulan dan dilanjutkan dengan makanan pendamping ASI. Namun, karena ibunya juga kekurangan asupan makanan, maka ASI yang dihasilkan juga kurang.

"Ibunya makan tidak mencukupi dan itu mempengaruhi kualitas ASI," kata dia.

Gizi buruk yang diderita bayi VAK murni karena kondisi ekonomi keluarga. Bukan karena penyakit bawaan dari lahir.

Tjetjep menyatakan, ayah bayi baru saja mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). Padahal ada lima anak yang harus dinafkahi.

Sebenarnya, kata dia, pemerintah memiliki sejumlah program untuk menekan angka gizi buruk, termasuk pemberian makanan tambahan untuk ibu menyusui. Namun pengetahuan ibu kurang, sehingga tidak mendapatkan fasilitas cuma-cuma dari pemerintah tersebut.

"Dia tidak tahu, seharusnya bisa dibawa ke puskesmas. Seharusnya masyarakat yang menyadari ada bayi dengan kurang gizi langsung datang ke puskesmas," kata dia. (*)


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH