Ditegur Kemendagri Kelamaan Jomblo, Anies: Ya Nanti Saya Kasih Update Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memilih tak banyak komentar terkait teguran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) karena belum juga memiliki wakil gubernur (wagub) setelah ditinggal Sandiaga Uno maju Pilpres 2019 mendatang.

Kemendagri meminta Anies untuk fokus memikirkan mengisi posisi kursi Wagub DKI yang kosong sudah hampir 3 bulan sejak Sandiaga mundur 9 Agustus silam.

"Ya nanti saya kasih update (soal Wagub DKI)," kata Anies, merespon surat Kemendagri, saat dikonfirmasi wartawan di Jakarta, Sabtu (3/11).

sandiaga
Calon Wakil Presiden, Sandiaga Uno saat mengunjungi Palu (ist)

Sebelumnya Direktur Jenderal Otonomi daerah Kemendagri Sumarsono menegur Gubernur DKI Anies Baswedan dan Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi akibat masih kosong kursi jabatan orang nomor 2 di Jakarta.

Dalam surat yang dikirimkan Kemendagri, pada Jumat, 2 November 2018, Sumarsono meminta Anies dan Prasetio memikirkan pengganti Sandiaga Uno tersebut. Surat bernomor 122.31/8779/OTDA.

"Karena DKI Jakarta merupakan Ibu Kota Negara sebagai pusat pemerintahan dengan dinamika pemerintahan yang sangat tinggi, disarankan untuk segera melaksanakan pengisian jabatan wakil gubernur tersebut," kata Soni dalam suratnya.

soemarsono
Soni Sumarsono. (MP/John Abimanyu)

Dalam surat itu dikatakan bahwa sesuai dengan ketentuan 176 ayat 1 dan ayat 4 tentang pengisian kekosongan jabatan wakil gubernur, maka Pemprov DKI Jakarta dapat melakukan pengisian kekosongan jabatan wagub.

Surat tersebut juga tembusan dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Kementerian Dalam Negeri, Menteri Sekretariat Negara, dan Sekretaris Kabinet. (Asp)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH