Ditanya Isu Wiranto Masuk ke PAN, Zulhas Bilang Begini

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 17 Februari 2023
Ditanya Isu Wiranto Masuk ke PAN, Zulhas Bilang Begini
Ketum PAN Zulkifli Hasan di sela acara Peringatan Isra Mi'raj 1444 H yang digelar Kantor DPP PAN, Jakarta, Jumat (17/2). ANTARA/Melalusa Susthira K

MerahPutih.com - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan buka suara soal kabar mantan Ketua Umum DPP Partai Hanura Wiranto pindah ke parpol berkelir biru itu.

"Nanti lagi ya, pada saatnya," kata Zulkifli Hasan singkat di sela acara Peringatan Isra Mi'raj 1444 H yang digelar Kantor DPP PAN, Jakarta, Jumat (17/2).

Baca Juga

Waketum PAN Bocorkan Sosok Eks Ketum Partai yang Mau Bergabung

Kabar terkait hengkang-nya Wiranto dari Partai Hanura ke PAN dilontarkan oleh politikus Partai Hanura Inas Nasrullah Zubir pada Kamis (16/2).

"Bergabung-nya Pak Wiranto ke Partai Amanat Nasional adalah pilihan dan keputusan yang harus dihormati oleh siapa pun karena konstitusi kita mengatur hak-hak warga negara Indonesia dalam menentukan pilihan politik-nya," ucap Inas.

Inas menyebut partai-nya tentu akan merasakan kehilangan sosok Ketua Dewan Pertimbangan Presiden itu yang telah berjasa mendirikan Partai Hanura dan melahirkan anggota-anggota dewan yang sempat duduk di parlemen.

"Merupakan keberuntungan luar biasa bagi PAN ketika Pak Wiranto melego jangkar-nya untuk berlabuh di partai besutan Zulkifli Hasan tersebut, karena akan menambah kekuatan politik Partai Amanat Nasional," katanya.

Baca Juga

Komisi VI akan Panggil Mendag Zulhas Terkait Kelangkaan Minyakita

Dia mengatakan Wiranto sebagai pendiri Partai Hanura tidak perlu mengkomunikasikan keputusan yang bersangkutan untuk pindah partai. Terlebih, Inas menyampaikan bahwa selama ini keberadaan Wiranto di Hanura tidak aktif dalam jajaran kepengurusan.

"Selama ini memang Pak Wiranto tidak berkenan menjadi pengurus Partai Hanura karena kesibukannya sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres)," ujar Inas kepada ANTARA saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (16/2).

Inas menilai kepindahan Wiranto ke PAN akan berpengaruh terhadap elektabilitas Partai Hanura. Dia mencontohkan ketika Wiranto tidak aktif terlibat dalam kegiatan partai, elektabilitas Hanura menurun.

"Analisa saya memang ada pengaruhnya ketidakaktifan Pak Wiranto di Hanura dengan elektabilitas partai. Jadi kepindahan Pak Wiranto ini akan berpengaruh pada partai," tuturnya.

Sebelumnya, Senin (13/2), Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan akan ada mantan ketua umum partai politik yang bergabung dengan PAN. Ia menyebut hal itu akan diumumkan secara resmi pula oleh Ketum PAN Zulkifli Hasan.

"Sebentar lagi ada kejutan. Ada mantan Ketum parpol yang akan bergabung dengan PAN," ujar Viva. (*)

Baca Juga

Harapan Partai Politik untuk Pemilu 2024

#Partai Amanat Nasional #Wiranto #Partai Politik
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan