Ditanya Ganjar Capres 2024, Sekjen PDIP Jawab Elektabilitas Bukan Segalanya

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Senin, 10 Januari 2022
Ditanya Ganjar Capres 2024, Sekjen PDIP Jawab Elektabilitas Bukan Segalanya
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Elektabilitas kader PDIP sekaligus Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo semakin moncer dalam hasil jejak pendapat sejumlah lembaga survei tentang calon presiden 2024. Namun, Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mempunyai pendapat lain tentang sosok capres ideal.

Hasto mengatakan elektabilitas itu merupakan kepercayaan rakyat kepada kader PDIP, tetapi bukan segalanya. Dia mengingatkan untuk menjadi seorang presiden diperlukan keteguhan dalam memimpin dan kemampuan teknokratis untuk menjabarkan seluruh aspek-aspek ideologis.

Baca Juga:

Survei SMRC: Elektabilitas Prabowo dan Ganjar Seimbang

"Calon presiden juga harus memiliki spirit kepemimpinan Indonesia bagi dunia, pemahaman terhadap kebudayaan sehingga bukan elektoral semata," kata Hasto, saat ditanya tentang tingginya angka elektabilitas Ganjar, dilansir dari Antara, Senin (10/1).

Hasto menegaskan partainya belum memutuskan nama untuk didukung di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Namun, Hasto menekankan PDIP terus memperkuat konsolidasi sekaligus mematangkan kaderisasi.

Hasto sekjen PDIP
Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (ANTARA/HO-PDIP)

"Kami punya banyak kader yang sudah teruji, karena setiap keberhasilan kepala daerah itu menjadi materi dalam sekolah calon kepala daerah PDIP, sehingga keberhasilan kader PDIP itu dilakukan secara sistemik dan perubahannya terukur di dalam menyelesaikan masalah rakyat," papar Hasto, saat ditemui dalam rangkaian acara HUT ke-49 PDIP kemarin itu.

Menurut Hasto, kaderisasi yang selama ini dibangun PDIP untuk menghasilkan kepemimpinan yang ideologis sesuai Pancasila dan meletakkan masa depan bagi masyarakat yang dipimpinnya. Karena itu, dia menganggap stok pemimpin yang bisa didukung untuk Pilpres 2024 banyak dan tak ada masalah di dalamnya.

Politikus asal Yogyakarta itu juga menyampaikan banyak kader PDIP yang memimpin daerah selama dua periode. Sebut saja Tri Rismaharini di Surabaya, Hendrar Prihadi di Kota Semarang, dan Budi Sulistyono di Kabupaten Ngawi. PDIP juga memiliki Djarot Saiful Hidayat yang pernah menjabat Gubernur DKI Jakarta. "Cukup banyak stok pemimpin di PDIP," tutup petinggi partai banteng itu. (*)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Prabowo dan Megawati Sepakat Usung Ganjar

#Partai Politik #Pilpres
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan