Disporbudpar Minta “Alitaba” Batik Khas Tangerang Dapat SK Bupati

Eddy FloEddy Flo - Rabu, 05 Oktober 2016
 Disporbudpar Minta “Alitaba” Batik Khas Tangerang Dapat SK Bupati
Beberapa ikon batik hasil lomba yang masih dipajang di Kantor Disporbudpar Kabupaten Tangerang.(Foto: MP/Widi)

MerahPutih Budaya – Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) meminta kepada Ali Akipin alias Alitaba, perajin batik khas Kabupaten Tangerang yang karyanya dilirik oleh salah satu Partai Politik (Parpol) di Malaysi untuk mendaftarkan karyanya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang. Hal ini bertujuan, agar karyanya mendapat SK dari bupati Tangerang.

Kepala Seksi (Kasi) Pariwisata pada Disporbudpar Kabupaten Tangerang Murtasiyah mengungkapkan, sejauh ini, batik khas Kabupaten Tangerang yang mendapatkan SK dari bupati adalah hasil dari lomba karya batik khas Kabupaten Tangerang. “Seharusnya batik Alitaba didaftarkan, supaya dapat SK bupati. Batik karya Alitaba ini memang pernah akan diikutkan ke lomba, tetapi kan lambat, jadi tidak bisa diikutsertakan. Tapi, di luar lomba, dia (Alitaba-red) memang eksis,” ungkap Murtasiyah kepada merahputih.com, Senin (0 4/10).

Terkait adanya motif batik milik Alitaba yang dijadikan seragam oleh pegawai Pemkab Tangerang, mengambil dari motif batik karya salah satu peserta lomba yang saat ini sudah mendapatkan SK bupati. “Kalau yang buat seragam itu, motifnya dari kita, yang sudah di-SK-kan. Jadi dia (Alitaba-red) membuat motif yang sama, terus ada pegawai yang memesan. Tapi kalau yang dipesan oleh Malaysia, itu kayaknya karya dia sendiri, karena memang banyak motif-motif rambutan parakan yang dibuat,”paparnya.

Kepala Bidang (Kabid) Budaya dan Pariwisata pada Disporbudpar Kabupaten Tangerang Leli Yuliawati mengaku bangga, karya batik khas, dan bikinan warga Kabupaten Tangerang disukai di Malaysia, terlebih dijadikan seragam salah satu Parpol di negara yang masih serumpun dengan Indonesia tersebut. Namun demikian, kata Leli, pihaknya berharap agar karya-karya Alitaba didaftarkan ke Pemkab Tangerang, agar mendapat SK dari bupati.

“Apalagi katanya dia juga bikin salah satu ikon batik yang sudah mendapat SK bupati, ini kan kita juga harus tahu. Karena menyangkut hak cipta penggagasnya, termasuk bagaimana kualitasnya juga kan jangan sampai menurun,” tandasnya.(wid)

BACA JUGA:

  1. Pantai Tanjung Kait Mauk Butuh Perhatian Pemerintah Tangerang
  2. Tanjung Pasir Akan Disulap Jadi Lokasi Konservasi Alam Ekowisata Mangrove
  3. Hutan Lindung Solear Butuh Perhatian Pemerintah
  4. Wisata Kramat Solear Tangerang
  5. Kampung Pecinan Ketandang Siap Disulap Jadi Destinasi Wisata
#Bupati Tangerang #Cinta Batik #Batik Indonesia #Batik Alitaba
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan