Disorot Presiden, Kepala Daerah di Jatim Diminta Optimalkan Isolasi Terpusat

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 23 Agustus 2021
Disorot Presiden, Kepala Daerah di Jatim Diminta Optimalkan Isolasi Terpusat
Pemakaman jenazah COVID-19. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Ketua DPD RI, LaNyalla Mattalitti, mengingatkan seluruh kepala daerah di Jawa Timur untuk meningkatkan penanganan COVID-19 di Jatim. Termasuk mengoptimalkan isolasi terpusat. Pasalnya, angka kematian kasus COVID-19 di Jawa Timur turut disorot Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per 21 Agustus 2021, Jawa Timur menjadi provinsi kedua tertinggi tingkat kematian COVID-19 dengan persentase 7,1%.

Selain karena komorbid, tingginya angka kematian COVID-19 di Jatim dinilai karena masih banyaknya pasien Corona yang melakukan isolasi mandiri (isoman).

Baca Juga:

Vaksin Berdatangan ke Indonesia, Ketua DPD Minta Distribusi Merata ke Seluruh Daerah

“Penting sekali bagi kepala daerah di Jawa Timur untuk mengoptimalkan isolasi terpusat (isoter) bagi warga yang terpapar Corona. Ini sebagai antisipasi agar pasien tertangani dengan baik sebab banyak kejadian warga yang terpapar COVID drop mendadak saat isoman sehingga tak sedikit yang kemudian tak bisa ditolong,” kata LaNyalla, Senin (23/8).

Menurut Senator asal Jawa Timur ini, isolasi terpusat bagi pasien COVID-19 menjadi kunci untuk menekan angka kematian pasien Corona.

“Kepala daerah juga harus cermat memahami kondisi di daerahnya masing-masing. Harus kerja cepat dan taktis dalam mengambil kebijakan. Meski kondisinya memang berat, kepala daerah harus cekatan dalam melakukan upaya penanganan kematian akibat COVID yang masih tinggi,” tuturnya.

Selain itu, LaNyalla meminta fasilitas kesehatan dan pelayanan kepada pasien COVID-19 di Jatim ditingkatkan. Dengan begitu, penanganan kepada pasien COVID-19 dapat dilakukan secara maksimal.

“Pastikan Bed Occupancy Rate (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur terkendali. Kemudian gencarkan lagi testing dan tracing terhadap kontak erat pasien dan suspect Corona. Oksigen dan obat-obatan serta vitamin bagi pasien COVID-19 harus selalu tersedia,” tegas LaNyalla.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti didampingi Wakapolres Malang Kompol Himawan Setiawan meninjau proses vaksin di Polres Malang. (ANTARA/Humas DPD)
Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti didampingi Wakapolres Malang Kompol Himawan Setiawan meninjau proses vaksin di Polres Malang. (ANTARA/Humas DPD)

Terlepas dari angka kematian COVID-19 yang masih tinggi, mantan Ketua Umum PSSI tersebut mengapresiasi tren penanganan Covid di Jatim yang membaik. Laporan Pemprov Jatim menyebut tren BOR menurun, hingga adanya peningkatan tracing dan testing dari yang awalnya 1,2% naik menjadi 9,4%.

“BOR di Jatim sudah di bawah standar WHO yaitu 60%, termasuk BOR ICU dari 78% turun menjadi 59%. Lalu menurunnya jumlah wilayah PPKM level 4 dari yang sebelumnya 30 kabupaten/kota saat ini hanya tinggal 17,” pujinya.

Selain itu, LaNyalla menilai tes dan tracing di Jatim kian membaik setelah Pemda dibantu Polda Jatim dan Kodam V/Brawijaya melalui Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Program vaksinasi COVID-19 di Jawa Timur juga mendapat apresiasi. Pemprov melaporkan sudah 26,46% masyarakat yang divaksin dosis pertama atau setara 8,42 juta jiwa. Sedangkan untuk vaksin dosis kedua di Jatim mencapai 14,26% atau 4,53 juta orang.

Baca Juga:

DPD Desak DPR Segera Sahkan Empat RUU

Kemajuan lainnya adalah zona merah di Jatim semakin hari terus mengalami penurunan. Jika sebelumnya ada 34 kabupaten/kota di Jatim yang berada dalam status risiko tinggi Corona, laporan pekan lalu menyebutkan hanya tinggal 15 kabupaten/kota yang berada dalam zona merah.

Pemprov Jatim pun melaporkan Rate of Transmission (RT) di wilayahnya sudah berada di bawah 1. LaNyalla menilai hal tersebut cukup menggembirakan.

“Itu artinya penyebaran virus Corona di Jawa Timur mulai terkendali dan semakin landai. Prestasi ini harus dipertahankan, dan sebisa mungkin terus ditingkatkan dengan kinerja yang apik dari para kepala daerah di Jatim,” tutupnya. (Pon)

#COVID-19 #Vaksin Covid-19 #Satgas COVID-19 #La Nyalla Mattalitti
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan