Disney Plus Melesat di Antara Platform Streaming Premium di Asia Tenggara Disney kini menempati urutan kedua di kawasan Asia Tenggara dalam jumlah langganan premium. (Foto: filmdaily.co)

DISNEY Plus membuat kemajuan terbesar di antara platform streaming premium di Asia Tenggara pada kuartal pertama tahun ini. Demikian menurut survei terbaru.

AMPD Research, yang berafiliasi dengan Media Partners Asia mengatakan pemimpin pasar streaming video tetap YouTube dengan pangsa 68%, di atas TikTok dengan 21% di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Video premium (berbayar dan didukung iklan) menyumbang 10% dari menit streaming.

Baca juga:

Kevin Feige: Disney Plus Bantu Kami Kembangkan MCU Fase 4

Peneliti menggunakan sistem pengukuran pasif yang dipasang dengan izin pada perangkat pengguna serta survei biasa.

Disney Plus Hotstar telah melambat secara signifikan di Indonesia tapi masih potensial di Singapura. (Foto: ecommerceiq.asia)

Di sektor premium, Netflix sejauh ini menjadi yang terdepan, menyumbang sekitar 40% dari waktu streaming. Diikuti oleh Viu (15%), Tencent's WeTV (13%), iQIYI (10%) dan Indonesia's Vidio (9%). Disney Plus dan Disney Plus Hotstar menyumbang sekitar 2% dari waktu menonton di sektor premium, meskipun pangsa itu dapat meningkat di kuartal mendatang.

Sektor premium tersebut menambahkan sekitar 4,9 juta pelanggan yang membayar antara Januari dan Maret. Sementara, Disney Plus atau Disney Plus Hotstar menyumbang lebih dari 1,9 juta di antaranya. Lonjakan langganan ini membuat Disney kini menempati urutan kedua di kawasan Asia Tenggara dalam jumlah langganan premium, dengan perkiraan 4,6 juta. Posisi ini di belakang Netflix dan di depan pemain regional Asia, Viu.

Baca juga:

Disney Rilis Harga Film 'Mulan' untuk Disney Plus

"Disney Plus atau Disney Plus Hotstar menambahkan sekitar 2 juta pelanggan pada Q1 2021, didorong oleh pertumbuhan di Indonesia dan peluncuran yang sukses di Singapura pada akhir Februari," kata AMPD seperti diberitakan variety.com (18/5).

"Sementara konsumsi (Disney Plus Hotstar) telah melambat secara signifikan di Indonesia, konsumsi dan penyerapan diperkirakan akan terus tumbuh di Singapura dengan perluasan konten Disney Plus 'Star dan rilis seri asli Marvel yang baru," tambah AMPD.

Streaming premium menambahkan sekitar 4,9 juta pelanggan yang membayar antara Januari dan Maret. (Foto: eastidahonews.com)

Viu terus berkembang, sebagian besar karena daya tarik di Filipina karena kemitraannya dengan Smart mendorong pertumbuhan pelanggan melalui kampanye pemasaran lokal yang kuat. "Kekuatan deretan drama Korea jendela pertama Viu dan integrasi telco (paket data, harga sachet, tagihan operator langsung) di seluruh Asia Tenggara membantu mempertahankan serapan pelanggan," AMPD menjelaskan.

Kedua saingan streaming Tiongkok ini mungkin juga membuat kemajuan, meskipun di wilayah yang berbeda. Pertumbuhan WeTV terkonsentrasi di Thailand dan Indonesia, sedangkan iQIYI terkuat di Malaysia.

Di Thailand, drama Tiongkok premium dan serial variety WeTV mendapatkan popularitas sementara WeTV asli lokal yang terkenal di Indonesia mendorong penyerapan pelanggan. Pertumbuhan langganan iQIYI didorong oleh Malaysia, karena kemitraan dengan Astro memberikan langganan iQIYI berdiskon kepada pelanggan TV berbayar Astro.

"Drama dan ragam premium iQIYI terus mendapatkan popularitas di seluruh Asia Tenggara," demikian pernyataan AMPD. (aru)

Baca juga:

Lewat Perintah Suara, Disney Plus Kini Bisa Diputar di Google Assistant

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Dalgona Candy, Permen Tradisional yang Jadi Permainan di 'Squid Game'
Fun
Dalgona Candy, Permen Tradisional yang Jadi Permainan di 'Squid Game'

Mengenal dalgona, permen tradisional Korea Selatan.

Oreo Ice Cream Rumahan, Dessert Penutup Long Weekend
Fun
Oreo Ice Cream Rumahan, Dessert Penutup Long Weekend

Rasa manis Ice Cream dan Oreo juga bisa membangkitkan mood kita selama di rumah saja.

Tak Niat Jadi Idola, Xiumin EXO Punya Cita-Cita Lain
ShowBiz
Mengenal Bahaya Nokturia dan Nokturnal Enuresis
Fun
Mengenal Bahaya Nokturia dan Nokturnal Enuresis

nokturia juga ditunjukkan dengan buang air kecil yang terjadi lebih dari sekali.

Kemungkinan Kematian COVID-19 Meningkat pada Orang dengan Obesitas
Fun
Kemungkinan Kematian COVID-19 Meningkat pada Orang dengan Obesitas

Ditemukan 90 persen atau 2,2 juta dari 2,5 juta kematian akibat pandemi meningkat di negara dengan tingkat obesitas tinggi.

Ladies, Ini 4 Inspirasi OOTD yang Enggak Ngebosenin untuk Silaturahmi Virtual
Fashion
Start Up Kuliner Bisa Bertahan di Tengah Pandemi
Fun
Start Up Kuliner Bisa Bertahan di Tengah Pandemi

Kenali cara para startup bisnis kuliner agar bisa bertahan dan tumbuh di masa pandemi

Konser Streaming J-Lo, H.E.R. dan Selena Gomez Dukung Distribusi Vaksin COVID-19
ShowBiz
Konser Streaming J-Lo, H.E.R. dan Selena Gomez Dukung Distribusi Vaksin COVID-19

memastikan distribusi vaksin yang adil di seluruh dunia.