Film
Disney Kenalkan Karakter Biseksual Pertama lewat 'The Owl House' Disney kenalkan Luz Nacodema, karakter biseksual pertama. (Foto: teenvogue.com)

UNTUK pertama kalinya, Disney menampilkan karakter utama yang biseksual. Karakter itu bernama Luz Noceda. Ia tampil dalam animasi The Owl House. Meski demikian, bukan berarti hal mudah agar karakter ini bisa muncul. Ada perdebatan sebelum karakter ini disetujui Disney.

The Owl House menjadi animasi berseri pertama Disney yang memiliki karakter utama seorang biseksual. Karakter itu dibuat seseorang yang biseksual juga, yaitu Dana Terrace. Ia mengaku, sebagai seorang biseksual, ia ingin membuat karakter yang sama.

BACA JUGA:

Siap Jadi Wirausaha? Ini 6 Strategi untuk Sukses

Terrace sangat memperjuangkan karakter ini agar dapat ditampilkan di Disney tanpa menutupi bahwa karakter tersebut biseksual. Ia bahkan mengaku senang usahanya untuk berkeras menginginkan karakter tersebut terbayarkan. "Saya sangat terbuka dengan keinginan untuk membuat anak-anak yang 'berbeda'. Saya merupakan seseorang yang tidak pandai berbohong sehingga kalau ingin menyembunyikan keinginan tersebut akan sulit," kata Terrace seperti dikutip Variety.

the owl house
The Owl House, serial Disney tentang penyihir. (foto: IMdB)

Pada awalnya, Terrace tidak mendapat persetujuan dari beberapa ketua Disney untuk menunjukkan karakter biseksual atau gay dalam kanal tersebut. Namun, ternyata ia mendapat persetujuan dari orang yang memegang posisi lebih tinggi di Disney. Oleh karena itu, ia dapat membuat karakter ini.

Karakter yang dibuat Terrace ialah Luz Noceda, seorang anak perempuan berumur 14 tahun yang mempunyai mimpi untuk menjadi penyihir. Luz yang pergi ke dunia lain bertemu berbagai macam teman. Awalnya, Luz menunjukkan ketertarikan kepada laki-laki. Namun, di dua episode terbarunya Enchanting Grom Fright dan Wing It Like Witches, Luz mulai menunjukkan ketertarikan kepada karakter perempuan. Ia tertarik pada Amity, bahkan ketika diajak ke Grom (Prom di dunia penyihir) ia menerimanya. Terlihat Luz dan Amity berdansa bersama.

the owl house
Karakter Luz dan Amity berdansa bersama di Grom. (Foto:variety.com)

Mantan supervisor animasi dari The Owl House, Spencer Wan membagikan story board dari cerita saat Luz dan Amity berdansa. Hal itu menjadi pertama kali baginya untuk melakukan sesuatu yang berbeda, tetapi ia bangga akan itu.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya Disney mengeluarkan karakter biseksual. Namun, sebelumnya mereka tidak pernah menampilkan karakter biseksual yang masih dibawah umur. Film Out tercatat sebagai yang pertama kali menunjukkan Andi Mack ialah seorang gay.(may)

BACA JUGA:

Kanal