Disney dan Pixar Dituntut Atas Kemiripan Tokoh di Toy Story 4 Duke Caboom yang dibuat mirip dengan Evel Knievel. (Foto: NY Post)

DISNEY dan Pixar dituntut K&K Promotions karena adanya kemiripan karakter yang hadir di Toy Story 4. Karakter tersebut adalah Duke Caboom, tokoh fiktif yang digambarkan mirip dengan stuntman asal AS, Evel Knievel.

Mengutip laman Aceshowbiz, mereka menuntut karena memiliki merek dagang dan hak atas semua penggambaran keserupaan dan publisitas sang stuntman. Keanu Reeves mengisi suara karakter mainan pengendara sepeda motor aksi tersebut.

Baca juga:

Enggak sekadar Animasi, Film Toy Story 4 Ajarkan 5 Pelajaran Hidup Ini

Pihak K&K Promotions mengatakan bahwa pembawaan tokoh fiktif tersebut dibuat berdasarkan pada sosok Knievel. Hal itu terlihat dari pakaian dan motor yang digunakan di Toy Story 4.

Disney dan Pixar membuatnya seolah mirip dan hanya membedakan beberapa bagian tertentu saja. Pengacara K&K Promotions telah mengajukan gugatan terhadap Disney, Pixar, dan anak perusahaan mereka, yang mengklaim bahwa mainan stuntman itu 'menyobek' citra motor pemberani AS.

Merupakan stuntman terkenal asal AS. (Foto: Britannica)

Duke Caboom digambarkan mengenakan jumpsuit putih,dihiasi dengan bendera Kanada, dan Knievel dengan setelan putih serta helm khususnya yang dihiasi bendera AS.

Duke Caboom didasarkan pada Evel dan model mainan wind-up dirilis atas namanya saat masih dalam puncak kejayaan. Mereka juga menuduh bahwa pemeran diminta untuk menghindari penggunaan nama Evel selama wawancara untuk mengatasi masalah merek dagang.

Baca juga:

Keanu Reeves Ikut Andil di Film Toy Story 4, Akankah Ada Karakter Baru?

Menurut pengacara mereka, produser Disney tidak mendapat persetujuan atas penggunaan salah satu karakternya yang memiliki kesamaaan dengan Evel.

Keanu Reeves menjadi pengisi suara Duke Caboom. (Foto: YouTube)

Putra Knievel, Kelly dan juru bicara K&K mengatakan bahwa ayahnya adalah ikon yang langsung dikenali. "Evel Knievel tidak menggetarkan jutaan orang di seluruh dunia, mematahkan tulangnya dan menumpahan darahnya hanya agar Disney bisa menghasilkan banyak uang," ujarnya.

"Dia tetap menjadi ikon yang langsung dikenal, seperti yang ditunjukkan oleh popularitas besar Evel Knievel Stunt Cycle yang dirilis ulang di antara anak-anak yang bahkan belum lahir ketika ayah saya meninggal belasan tahun yang lalu," lanjutnya.

Toy Story 4 menghasilkan lebih dari USD1 miliar atau sekitar Rp14 triliun di seluruh dunia. Film ini rilis 2019 lalu. (and)

Baca juga:

BAIT x Reebok Luncurkan Koleksi Instapump Bertema Toy Story



Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH