Disney+ Berencana Hadirkan Sejumlah Konten Eksklusifnya di Netflix

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 09 November 2023
Disney+ Berencana Hadirkan Sejumlah Konten Eksklusifnya di Netflix
Animasi dari Disney Pixar disebut tak akan menjadi salah satu konten Disney+ yang tayang di Netflix. (Foto: Disney/Pixar)

DUA raksasa platform streaming berencana untuk bekerja sama. Disney+ tengah berniat untuk memberikan lisensi dan menghadirkan sejumlah konten eksklusifnya di Netflix. Hal ini terdiri atas berbagai film, serial, dan kartun besutannya.

Dilansir oleh laman Variety, rencana kerja sama ini dibeberkan oleh CEO The Walt Disney Company Bob Iger melalui wawancaranya bersama CNBC pada Rabu (8/11). Iger menyatakan Walt Disney Studios tengah berpikir untuk memberikan lisensi beberapa kontennya kepada pihak Netflix.

Baca juga:

Rayakan 100 Tahun Disney dengan Beragam Melodi di Spotify

Sejumlah film di bawah naungan Marvel Cinematic Universe akan tetap tayang eksklusif di Disney+. (Foto: Marvel Studios)

Meski begitu, ada tiga brand atau merek yang secara khusus tidak dilisensikan oleh Disney+. Merek itu adalah Disney Pixar, Marvel, dan Star Wars. Seluruh film dan animasi dari tiga brand tersebut akan tetap bersifat eksklusif dan hanya bisa diakses melalui platform Disney+.

Sebab, Disney Pixar, Marvel, dan Star Wars dinilai sebagai fondasi kuat dari berlangsungnya bisnis Walt Disney Studios. Tayangan dari ketiga merek tersebut sering menarik perhatian dan dicari oleh penonton. Pihak Disney merasa tidak ada untungnya untuk menyiarkan film dan animasi tersebut di platform lain.

"Karya-karya itu merupakan sebuah hal yang jelas untuk membedakan kami dengan platform kompetitor. Disney Pixar, Marvel, dan Star Wars semuanya memberikan performa yang sangat-sangat baik di platform kami sendiri," jelas Iger, dikutip dari Screenrant.

Di luar tiga brand tersebut, sejumlah tayangan dari brand lain yang dinaungi oleh Disney+ kemungkinan besar akan bisa diakses via Netflix. Misalnya karya 20th Century Studios, Lucasfilm, Searchlight Pictures, dan Blue Sky Studios.

Baca juga:

'Virgo and the Sparkling' Tayang di Disney+ Hotstar

Jika kerja sama ini jadi, maka penonton bisa mengakses sejumlah film Disney di platform Netflix ke depannya. (Foto: 20th Century Studios)

Kerja sama ini sebetulnya bukanlah hal yang baru. Beberapa tahun silam, Disney+ sempat menandatangani kontrak bersama Netflix dan memberikan kesempatan bagi platform merah itu menayangkan konten besutannya.

Namun, kerja sama ini berakhir di 2017, sekitar dua tahun sebelum platform Disney+ diluncurkan pertama kali pada 2019. Hal ini membuat sejumlah film dan animasi pun ditarik dari Netflix, menyisakan beberapa judul tertentu saja seperti film-film dari seri 'Spider-Man'.

Nah kini, kedua layanan streaming asal Amerika Serikat ini sepertinya berniat untuk bekerja sama lagi. Disney+ saat ini memang tengah menghadapi sejumlah perubahan besar di sepanjang 2023.

Selain bersama Netflix, Disney+ saat ini sedang meluncurkan sebuah aplikasi streaming baru bersama Hulu. Platform ini akan menayangkan sejumlah film dari berbagai genre, termasuk yang memiliki kategori R-rated. Beberapa di antaranya adalah 'Logan', 'Deadpool', dan 'Deadpool 2'.

Belum lama ini pun, Disney+ menaikkan harga berlangganannya menjadi kurang lebih empat kali lipat dari harga semula. Awalnya, penonton Indonesia bisa memiliki paket Premium seharga Rp 199 ribu per tahun. Kini, harga paket tersebut naik menjadi Rp 799 ribu per tahun. (mcl)

Baca juga:

'A Haunting in Venice' Tayang di Disney+ Hotstar 31 Oktober 2023

#Disney Plus #Netflix #TV Streaming
Bagikan
Ditulis Oleh

Marcella

K-Pop enthusiast and books enjoyer.
Bagikan