Film
Disney Bakal Rilis Film-Film Baru di Bioskop dan Layanan Streaming Disney akan rilis Black Widow dan Cruella di Disney+ dan Bioskop. (Foto: Unsplash/pan xiaozhen)

SEIRING pemulihan penayangan film di AS dan seluruh duia, nampaknya berbagai rumah produksi di Hollywood belum siap untuk merilis beberapa film calon blockbuster terbesar mereka di layar lebar.

Dikutip dari laman Variety Selasa (23/3), seperti yang dilakukan Disney, mereka secara besar-besaran merombak daftar film yang akan datang. Termasuk mengubah rencana perilisan untuk Black Widow, Cruella yang diperankan Emma Stone, Shang-Chi and The Legend of the Ten Rings, Luca dari Pixar dan beberapa lainnya.

Baca juga:

Hampir Satu Abad, Singa MGM Resmi Pensiun

Khususnya Black Widow dan Cruella, kini kedua film itu rencananya akan tayang perdana di Disney Plus di saat yang bersamaan dengan debutnya di bioskop. Cruella akan dirilis sesuai jadwalnya, yakni pada 28 Mei 2021. Sementara untuk Black Widow akan diundur dua bulan, menjadi 9 Juli yang sebelumnya direncanakan akan rilis pada 7 Mei.

Dengan perubahan jadawal Black Widow berarti Shang-Chi dan Legend of the Ten Rings yang juga dari Marvel juga akan mundur. Dari yang sebelumnya direncanakan untuk rilis awal Juli dibatalkan, dan akan rilis pada 3 September 2021. Shang-Chi dan Legend of the Ten Rings diharapkan akan dirilis secara teatrikal tradisional (Bioskop).

Disney Bakal Rilis Film-Film Baru di Bioskop dan Layanan Streaming
Black Widow akan dirilis di Disney Plus dan Bioskop. (Foto: TechRadar)

Sementara itu, film animasi petualangan masa depan dari Pixar, yakni Luca yang tidak akan diputar di bioskop. Film itu akan diluncurkan secara eksklusif di Disney Plus pada 18 Juni 2021 tanpa adanya biaya tambahan.

Terlepas dari perencanaan ulang perilisan secara besar-besaran pada layanan streaming, Disney tidak berencana untuk sepenuhnya meninggalkan perilisan secara tradisional.

Banyak judul film kecil lainnya yang telah ditunda penayangannya dan hanya akan ditayangkan di layar lebar, kebanyakan judul tersebut diwarisi oleh 20th Century, seperti Free Guy (13 Agustus), The King's Man (22 Desember), Deep Water ( 14 Januari 2022) dan Death on the Nile (11 Februari 2022).

Ketua distribusi media dan hiburan Disney, Kareem Daniel, mengatakan bahwa pengumuman perilisan tersebut "mencerminkan fokus kami dalam menyediakan pilihan konsumen dan melayani preferensi audiens yang terus berkembang."

“Memanfaatkan strategi distribusi fleksibel dalam pasar dinamis yang telah mulai pulih dari pandemi, kami akan terus menggunakan opsi terbaik untuk menyampaikan berbagai cerita tak tertandingi dari The Walt Disney Company kepada penggemar dan keluarga di seluruh dunia,” katanya.

Baca juga:

'Rugrats' akan Kembali dalam Format Animasi CG

Disney Bakal Rilis Film-Film Baru di Bioskop dan Layanan Streaming
Cruella akan dirilis sesuai jadwal. (Foto: Cnet)

Disney telah berkali-kali menunda sebagian besar pembuatannya selama tengah pandemi, termasuk beberapa judul Marvel. Perusahaan tersebut telah melihat langsung bagaimana pasar AS pulih.

Baru-baru ini mereka merilis Raya and the Last Dragon sebuah petualangan animasi yang ditujukan untuk penonton keluarga yang tayang di bioskop, dan di Disney Plus dengan biaya premium.

Raya and the Last Dragon berhasil mendapatkan US$ 23,4 juta (Rp338 Miliar) di AS dan (Rp1,02 Triliun) US$ 71 juta secara global, angka tersebut bukanlah capaian yang besar untuk standar pandemi. Secara finansial, jika Black Widow, Shang-Chi, dan film lainnya mereplikasi hasil tersebut, tentu akan merugikan pihak studio.

Namun, tidak seemua studio Hollywood melawan penayangan film di musim panas. Karena semakin banyak orang yang telah mendapatkan vaksin COVID-19, Disney dan studio lainnya berharap pada musim panas ini masyarakat akan merasa lebih nyaman kembali ke kegiatan rekreasi, seperti pergi ke bioskop.

Rumah produksi Paramount juga telah memajukan tanggal perilisan A Quiet Place Part II dari September ke 28 Mei 2021, sementara Universal memundurkan sedikit film F9 dari Mei ke 25 Juni 2021. (kna)

Baca juga:

Aktor Jamie Foxx perankan Mike Tyson dalam Seri Biografi 'Tyson'

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Wajah Belang Akibat Masker? Begini Cara Mengatasinya
Fun
Wajah Belang Akibat Masker? Begini Cara Mengatasinya

Pakai masker tak akan ganggu penampilanmu lagi.

Masih Muda, Idola K-Pop ini Sukses Jadi Produser
ShowBiz
Masih Muda, Idola K-Pop ini Sukses Jadi Produser

Mulai dari membuat lirik, membuat aransemen, dan mengedit lagu. Bahkan membawakanya.

Mulai Minggu Depan, Mulan Bisa Ditonton di Sejumlah Platform
ShowBiz
Limbah Tekstil dan Fesyen Didaur Ulang Jadi Pakaian
Fashion
Limbah Tekstil dan Fesyen Didaur Ulang Jadi Pakaian

Kapas dibentuk kembali menjadi serat.

Vietnam Umumkan Deteksi Varian Baru Gabungan Inggris-India
Fun
Vietnam Umumkan Deteksi Varian Baru Gabungan Inggris-India

Sejak COVID-19 pertama kali diidentifikasi pada Januari 2020, ribuan mutasi telah terdeteksi.

Ini 4 Zodiak yang Paling Mageran, Kamu Termasuk?
Fun
Ini 4 Zodiak yang Paling Mageran, Kamu Termasuk?

Zodiak ini susah untuk diajak beraktivitas.

Bassist Boomerang Tutup Usia
ShowBiz
Bassist Boomerang Tutup Usia

Hubert Henry Limahelu meninggal dunia pada Sabtu 24 April 2021.

Anjing Punya Navigasi Alami untuk Menemukan Jalan Pulang
Fun
Anjing Punya Navigasi Alami untuk Menemukan Jalan Pulang

Ternyata seekor anjing selalu menemukan cara untuk kembali ke rumahnya.

Supaya Bisnis yang Baru Dirintis tak Gulung Tikar
Hiburan & Gaya Hidup
Supaya Bisnis yang Baru Dirintis tak Gulung Tikar

Belajar langsung dari ahlinya.

Siapkan Game 4K Jadi Kode untuk Nintendo Switch Next-Gen
Fun
Siapkan Game 4K Jadi Kode untuk Nintendo Switch Next-Gen

Nintendo minta developer buat game dengan resolusi 4K. Petanda untuk nintendo switch pro