Disleksia Bukanlah Kelainan tetapi Bagian dari Evolusi Budaya Spesies Orang dengan disleksia tidaklah berbeda dengan orang lainnya. (Foto: Unsplash/isco)

ORANG yang memiliki disleksia ternyata mempunyai otak khusus untuk mengeksplor hal-hal yang tidak diketahui. Kekuatan ini berkontribusi pada keberhasilan dan kelangsungan hidup spesies kita.

Menurut laman sciencefocus, para ilmuwan di University of Cambridge mengatakan sebaiknya disleksia jangan dianggap sebagai kelainan. Hanya saja ada perbedaan perilaku dan otak. Kesimpulan ini berasal dari analisis sejumlah penelitian tentang kognisi, perilaku, dan otak yang menunjukkan spesialisasi dalam mengeksplorasi hal yang tidak diketahui dan melihat gambaran besar dari orang dengan disleksia.

Baca Juga:

Beda Pandangan Individu Aseksual terhadap Gambar Erotis

cew
Orang dengan disleksia bukanlah menderita kelainan. (Foto: Unsplash/Linh Koi)

Keuntungan yang diberikan oleh otak disleksia bisa jadi merupakan evolusi ketika manusia beradaptasi dengan lingkungan yang terus berubah, untuk bertahan hidup. Manusia perlu mempelajari keterampilan dan memperoleh kebiasaan baru. Ini menelurkan kreativitas dan menemukan solusi inovatif melalui eksplorasi.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Helen Taylor dan Martin Vestegaard, menyebutkan bahwa otak memiliki kemampuan yang terbatas. Satu-satunya cara untuk meningkatkan adaptasi terhadap lingkungan adalah dengan mengkhususkan diri pada strategi yang berbeda. Beberapa orang memanfaatkan pengetahuan yang mereka peroleh dengan lebih baik, sementara yang lain lebih fokus pada penemuan dan inovasi.

Mereka juga menganggap bahwa dalam banyak bidang penelitian dipahami bahwa sistem adaptif, seperti organisasi, otak, atau bahkan sarang, membutuhkan keseimbangan antara mengeksplorasi dan mengeksploitasi. Ini agar adaptasi dan kelangsungan hidup dapat bekerja dengan baik. Otak disleksia kemudian menyesuaikan diri dengan pemahaman ini, memiliki kelebihan dan kekurangan.

Selain belajar membaca, menulis atau bermain piano adalah pembelajaran yang bergantung pada memori prosedural, yaitu keterampilan ini diproses secara otomatis dan cepat. Tetapi otomatisasi tugas menentukan bahwa individu menggunakan informasi yang sama berulang-ulang.

Baca Juga:

Kebiasaan yang dapat Membuat Otak Lebih Kreatif

cew
Disleksia bukanlah kelainan atau gangguan pada seseorang. (Foto: Pexels/cottonbro)

Jika orang tersebut, di sisi lain, mengalami kesulitan mengotomatisasi tugas, mereka menyadari seluruh proses. Keuntungannya adalah keterampilan atau proses dapat ditingkatkan dan eksplorasi kegiatan dapat dilanjutkan. Pandangan negatif yang kita miliki tentang disleksia menganggap bahwa proses belajar kita didasarkan pada pengulangan dan otomatisasi tugas, itulah sebabnya hal itu disebut gangguan belajar atau perkembangan.

Menurut para ilmuwan, proses pendidikan kita dan pentingnya membaca dan menulis dalam budaya kita akhirnya menghasilkan pandangan negatif tentang disleksia. Melihat studi sebelumnya dalam psikologi dan ilmu saraf, para peneliti mencatat perbedaan dalam pembentukan otak disleksia.

Otak mengatur neuronnya secara berbeda ketika lebih baik dalam melihat gambaran besar dibandingkan dengan otak yang lebih berorientasi pada detail. Orang disleksia memiliki koneksi yang lebih lama dan koneksi lokal yang lebih sedikit. Karena cara berpikir ini berkembang bersama, mereka bekerja paling baik dalam kolaborasi. Menyatukan dua jenis otak yang berbeda menghasilkan hasil yang lebih baik daripada dua atau lebih otak yang sama. (Mrf)

Baca Juga:

Kesepian Timbulkan Masalah pada Gizi Lansia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Suharto Lengser!
Fun
Suharto Lengser!

Tanggal 21 Mei sebagai pengingat tumbangnya rezim Orde Baru.

IIMS Hybrid 2022 Targetkan Penjualan 6.000 Unit Kendaraan
Hiburan & Gaya Hidup
IIMS Hybrid 2022 Targetkan Penjualan 6.000 Unit Kendaraan

IIMS Hybrid 2022 akan digelar pada 31 Maret-10 April 2022 di JIExpo Kemayoran. IIMS Hybrid 2022 menargetkan penjualan sebanyak 6.000 unit kendaraan.

Raih Gelar Juara Dunia MotoE, Dominique Aegerter Malah Kecewa
Fun
Raih Gelar Juara Dunia MotoE, Dominique Aegerter Malah Kecewa

MotoE telah memiliki juara dunia baru musim ini.

Beberapa Negara di Eropa Hentikan Penjualan Akuarium Ikan Bulat, Ini Alasannya
Fun
Beberapa Negara di Eropa Hentikan Penjualan Akuarium Ikan Bulat, Ini Alasannya

Akuarium ikan bulat hanya akan membuat ikan jadi stres dan cepat mati

Terkonfirmasi Lee Jung-jae Bintangi Serial Star Wars
ShowBiz
Terkonfirmasi Lee Jung-jae Bintangi Serial Star Wars

Lee Jung-jae dipastikan ikut membintangi serial terbaru waralaba Star Wars.

Kisah Cinta Menyentuh Inspirasi Film
ShowBiz
Kisah Cinta Menyentuh Inspirasi Film

Kisah romantis dalam drama romantis ini ada di dunia nyata

5 Dekorasi Imlek Dipercaya dapat Membawa Keberuntungan
Fun
5 Dekorasi Imlek Dipercaya dapat Membawa Keberuntungan

Mulai dekorasi rumah untuk menyambut Tahun Baru Imlek.

Tamara Dai dan Ariel Tatum Tebarkan Pesona di Panggung Paris Fashion Week
ShowBiz
Tamara Dai dan Ariel Tatum Tebarkan Pesona di Panggung Paris Fashion Week

Tamara dan Ariel tampil menawan dengan make-up mereka.

Tiba-Tiba, Elon Musk Bahas Kematian
ShowBiz
Tiba-Tiba, Elon Musk Bahas Kematian

Cicitan itu menuai pro dan kontra di media sosial.