Diskusi Informal IBM Tentang Blockchain Foto: bitcoinist

MerahPutih Teknologi - IBM telah di diskusi informal tentang Blockchain, terkait sistem cash dengan sejumlah bank sentral, sistem yang sama dengan Bitcoin. Jika bank sentral menyetujui konsep ini, IBM akan membangun infrastruktur yang aman dan terukur untuk proyek tersebut.

Reuters menjelaskan, ada tanda-tanda bahwa bank sentral sudah berpikir tentang inovasi yang bisa timbul melalui sistem mata uang digital. Bank of England, dalam sebuah laporan pada bulan September 2014, menggambarkan bahwa Blockchain sebagai "inovasi yang signifikan", bisa mengubah sistem keuangan secara umum. (Baca: Founder Muda Indonesia yang Lebih Sukses dari Mark Zuckerberg)

Alih-alih memiliki buku besar dikelola oleh bank yang bertindak sebagai catatan transaksi individu, jenis buku terbuka besar seperti Blockchain akan dapat dilihat oleh semua orang menggunakan sistem dan akan menggunakan proses perestujuan untuk memasukkan transaksi ke dalam sistem. (Baca: Google Makin Serius Jadi Provider Layanan Data)

Proyek ini masih dalam tahap awal dan terus berkembang. Juga masih dikaji kekhawatiran tentang pencucian uang dan aktivitas kriminal yang melibatkan bitcoin. Tidak seperti bitcoin, di mana jaringan desentralisasi dan tidak ada pengawas, sistem mata uang digital yang diusulkan IBM akan dikontrol oleh bank sentral. (Baca: Blackberry Luncurkan Tablet Teraman)

Rencananya, mata uang digital dapat dikaitkan dengan rekening bank seseorang, mungkin menggunakan perangkat lunak yang akan mengintegrasikan akun yang dengan buku mata uang digital.



Fadhli