Disinggahi Jutaan Avonturir, Airport ini Jadi yang Tersibuk di Dunia

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 07 Mei 2018
Disinggahi Jutaan Avonturir, Airport ini Jadi yang Tersibuk di Dunia
Jumlah penumpang pesawat udara meningkat sepanjang 2017. (foto: pixabay)

PERNAHKAH kamu nonton film Love Actually? Film omnibus romantis itu mengambil bandar udara sebagai benang merah cerita. Di film itu, bandara jadi tempat pertemuan antarmereka yang saling mengasihi, entah teman, pacar, atau keluarga. Sebagai gerbang perpindahan manusia, bandara memang jadi salah satu tempat keramaian. Penumpang datang dan pergi dalam hitungan menit. Namun, tahukah kamu bandara mana yang paling sibuk di dunia?

Seperti dikutip dari CNN Travel, Bandar Udara Hartsfield-Jackson Atlanta dinobatkan sebagai bandara tersibuk 2017. Gelar itu diumumkan Airports Council International, beberapa waktu lalu. Hampir 104 juta avonturir bepergian melewati bandara berkode ATL tersebut. Lokasi Bandara Altlanta yang strategis membuatnya menjadi bandara hub sekaligus pintu masuk ke Amerika Utara.

Atlanta airport
Bandar Udara Hartsfield-Jackson Atlanta jadi yang tersibuk sepanjang 2017. (foto: Youtube)

Kota Atlanta sendiri terletak dalam 2 jam penerbangan dari 80% wilayah AS dengan populasi lebih dari 300 juta orang. Meskipun jadi yang tersibuk tahun ini, Bandara Atlanta ternyata mengalami sedikit penurunan dalam julah penumpang yang dilayani, yakni sebesar 0,26%.

Tiongkok Jadi yang Kedua

Bandara tersibuk kedua ternyata ada di Benua Asia, tepatnya di Tiongkok. Bandar Udara Internasional Beijing di ibu kota Tiongkok melayani 94,4 penumpang tahun lalu. Jumlah itu meningkat 1,5% dari tahun sebelumnya.

Secara global, peningkatan penumpang pesawat udara, kargo, dan pengangkutan barang memang terjadi. Di 2017, terjadi peningkatan sebsar 6,6% penumpang pesawat udara secara global, sedangkan pemupang pesawat rute internasional meningkat 8,4%. Tak hanya penumpang, lalu lintas kargo, termasuk surat, pun meningkat hingga 7,9%. Berbeda dengan arus penumpang, aktivitas kargo tersibuk justru terjadi di Hong Kong. Kota AS, Memphis, Tennessee, jadi yang kedua tersibuk dalam hal lalu lintas kargo.

Pemeringkatan yang dirilis ACI tersebut diambil dari data 1.200 bandara di seluruh dunia.


India Berkembang Pesat

New Delhi airport
Penerbangan di Bandar Udara Indira Gandhi New Delhi meningkat pesat. (foto: youtube)

Peningkatan jumlah penumpang yang cukup tinggi terjadi di Bandar Udara Indira Gandhi di New Delhi, India. Jumlah penumpang di bandar udara di ibu kota India itu meningkat 14,1% tahun lalu. "India menjadi salah satu pasar terbesar penerbangan dunia dalam beberapa tahun mendatang," demikian pernyataan yang dikeluarkan ACI seperti dikutip dari CNN Travel.

Selain di New Delhi, bandara lain di India, seperti di Kalkuta, Hyderabad, Bangalore, dan Madras juga makin sibuk. Jumlag penumpang di semua bandara tersebut meningkat antara 10% dan 27%, jumlah yang cukup besar.

Jumlah penumpang yang meningkat juga terjadi di Bandar Udara Internasional Los Angeles. Bandara berkode LAX itu mengalami peningkatan penumpang hingga 4,49% tahhun lalu. Meskipun demikian, posisinya masih kalah dari Bandar Udara Internasional Haneda Tokyo. Bandara yang terletak di Ota, Tokyo, tersebut juga tumbuh cukup mengesankan, penumpang yang dilayani meningkat 6,46% tahun lalu.

"Peningkatan volume kargo dan jumlah penumpang di seluruh bandara dunia merupakan bukti kepercayaan konsumen kepada bisnis penerbangan, setidaknya dalam waktu sesingkat ini," ujar Direktur Umum ACI World Angela Gittens.


Di Mana Indonesia?

Soekarno-hatta airport
Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta ada di posisi 17 bandara tersibuk dunia. (foto: Feel Indonesia)

Jika India dan Tiongkok mencatatkan diri sebagai rumah bagi salah satu dari 20 bandara tersibuk dunia, lalu apakah ada nama Indonesia di daftar itu?

Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta yang jadi gerbang udara utama masuk ke ibu kota Indonesia ternyata ada di posisi ke-17. Sebanyak 63 juta penumpang melewati bandara yang terletak di Tangerang, Banten, tersebut. Jumlah tersebut bahkan mengalahkan jumlah penumpang yang dilayani Bandara Changi di Singapura.

Dengan 3 terminal penumpang dan 1 terminal kargo, bandara berkode CGK ini mampu melayani hingga 72 juta penumpang per tahunnya. Terminal 3 yang dibuka pada November 2011 memiliki daya tampung paling banyak. Terlebih setelah pembukaan Terminal 3 Ultimate pada Agustus 2016. Sebanyak 25 juta penumpang per tahun dapat dilayani di terminal terbaru Bandara Soekarno-Hatta tersebut.

Di masa depan, dalam tahap pengembangan berikutnya, Bandara Soekarno-Hatta akan menambah Terminal 4. Terminal baru itu akan berada di utara Terminal 3. Rancangan yang digunakan berbentuk 'H' dan menerapkan desain eco-friendly dan modern, sama seperti desain Terminal 3.

Dengan adanya pengembangan tersebut, bukan tak mungkin di masa mendatang Bandara Soekarno-Hatta akan jadi bandara tersibuk di Asia, bahkan dunia. "Menghubungkan orang, bisnis, dan tempat masih menjadi tujuan terpenting sektor penerbangan di tengah kemunduran yang terjadi di negara-negara dengan ekonomi besar," ujar Gittens.(dwi)

Berikut 20 bandar udara tersibuk dunia versi ACI.

1. Hartsfield-Jackson Atlanta International Airport (Georgia) -- 104 juta penumpang
2. Beijing Capital International Airport (Tiongkok) -- 96 juta
3. Dubai International Airport (Uni Emirat Arab) -- 88 juta
4. Tokyo Haneda International Airport (Jepang) -- 85 juta
5. Los Angeles International Airport (California) -- 84,6 juta
6. Chicago's O'Hare International Airport (Illinois) -- 80 juta
7. London Heathrow Airport (Inggris) -- 78 juta
8. Hong Kong International Airport (Tiongkok) -- 73 juta
9. Shanghai Pudong International Airport (Tiongkok) -- 70 juta
10. Aéroport de Paris-Charles de Gaulle (Prancis) -- 69 juta
11. Amsterdam Airport Schiphol (Belanda) -- 68,5 juta
12. Dallas/Fort Worth International Airport (Texas) -- 67 juta
13. Guangzhou Bai Yun International Airport (Tiongkok) -- 66 juta
14. Frankfurt Am Main Airport (Jerman) -- 64,5 juta
15. Atatürk International Airport (Turki)-- 64 juta
16. Indira Gandhi International Airport (India) -- 63,5 juta
17. Soekarno-Hatta International Airport (Indonesia) -- 63 juta
18. Singapore Changi Airport (Singapura) -- 62,22 juta
19. Incheon International Airport (Korea Selatan) -- 62,16 juta
20. Denver International Airport (Colorado) -- 61 juta

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan