Dishub Turunkan 500 Personel untuk Awasi Jalur Ganjil Genap Kepala Bidang (Kabid) Operasi Dishub Pemprov DKI Jakarta Maruli Sijabat. (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengerahkan sebanyak 500 petugas dalam menjaga perluasan penerapan ganjil genap. Ratusan personel itu disiagakan di 25 ruas jalan yang terdampak ganjil genap.

Kepala Bidang (Kabid) Operasi Dishub Pemprov DKI Jakarta Maruli Sijabat mengatakan, penempatan personel tersebut dilakukan pada jam operasional sistem ganjil genap, yakni dari 06.00-10.00 WIB dan 16.00-21.00 WIB.

Baca Juga:

Anies Dikritik, Penghapusan Ganjil-Genap Saat Weekend Ganggu Wisatawan

"Kalau keseluruhan, kita ada 500 personel se-DKI Jakarta pada saat pemberlakukan ganjil genap. Tepatnya pukul 06.00 WIB sampai 10.00 WIB, dipagi hari dan sore hari mulai pukul 16.00 WIB sampai 21.00 WIB," kata Maruli di Jalan Suryapranoto, Jakarta Pusat, Senin (9/9).

Ilustrasi peraturan Ganjil-Genap. ANTARA Foto/Widodo S Jusuf)
Ilustrasi peraturan Ganjil-Genap. ANTARA Foto/Widodo S Jusuf)

Maruli pun mengimbau kepada pengendara roda dua agar mematuhi rambu lalu lintas yang telah dipasang oleh petugas. Terlebih ruas yang diterapkan aturan ganjil genap.

"Ya kalau ini kita sudah lakukan tahapan sosialisasi kemudian juga rambu juga sudah kita lakukan. Terus, petugas juga sudah kita tempatkan dititik-titik yang akan menuju ke jalur ganjil genap gitu," tutup Maruli.

Untuk tindakan penilangan dilakukan oleh pihak aparat kepolisian. Dishub DKI kata dia, hanya bertugas melakukan pengawasan dan mengatur lalu lintas di ruas jalan ganjil genap.

"Iya pihak kepolisian yang akan lakukan penindakan tilang," tutup Maruli.

Baca Juga:

Kenali Fitur Mengatur Rute Ganjil Genap di Google Maps

Perluasan penerapan ganjil genap diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 88 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 155 Tahun 2018 Tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap.

Bagi pengendara yang melakukan pelanggaran akan didenda maksimal Rp 500.000,00.

Terdapat 25 ruas jalan Ibu Kota Jakarta mulai pada hari ini Senin (9/9) terkena aturan ganjil genap. Dimulai dari hari Senin hingga Jumat pukul 06.00-10.00 WIB, dilanjutkan pada sore sampai malam, mulai pukul 16.00-21.00 WIB. (Asp)

Baca Juga:

Dishub DKI Pastikan Poster Pelaksanaan Perluasan Ganjil Genap di Jakarta Hoaks

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH