Dishub Minta Warga Ikuti Aturan Ganjil-Genap Demi Asian Games Pengumuman ganjil genap. (ANTARA//Aprillio Akbar)

MerahPutih.com - Suatu kebijakan pasti akan ada pro (mendukung) dan kontra (tidak setuju) dari masyarakat. Salah satunya aturan ganjil-genap yang diluas sampai Jalan Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan, masyarakat pun tak setuju dengan aturan yang akan diuji coba pada Senin, 2 Juli 2018 mendatang.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengimbau kepada masyarakat yang berdomisili di kawasan mewah itu untuk mematuhi regulasi tersebut. Sebab, di lokasi tersebut terdapat venue golf, sehingga dibutuhkan sebuah rekayasa lalu lintas.

"Di Pondok Indah ada venue golf dan ini bagian bagaimana bisa menunjukan sebagai warga kota yang baik," ujar Sigit di Jakarta, pada Senin (25/6).

Padahal, kata Pria kelahiran 1974 ini, keputusan itu diterbitkan demi memperlancar jalannya perhelatan Asian Games 2018. Pasalnya berdasarkan standar waktu yang telah ditetapkan oleh Organizing Committee of Asia (OCA), perjalanan atlet dari wisma ke tempat bertanding tak boleh lebih dari 30 menit. Oleh sebab itu, kebijakan ganjil-genap harus diberlakukan di sana.

Peraturan Ganjil-Genap. ANTARA Foto/Widodo S Jusuf

"Ini menunjukan contoh yang baik, warga yang menghuni di kawasan elit pun kini sudah bisa mensupport apa yang menjadi hajatan besar kita," tuturnya.

Menurut Sigit, dalam mensukseskan pesta olahraga terakbar di benua Asia itu dibutuhkan sebuah kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat.

"Modeling sudah dilakukan, saya pikir ini kegiatan multi event yang perlu didukung seluruh komponen bangsa, saya yakin masyarakat akan maklum," ungkapnya

Setidaknya, terdapat empat titik perluasan kawasan ganjil-genap.

1. Jalan. S Parman - Jalan Gatot Subroto - Jl. MT Haryono - Jl. DI Panjaitan - Jl. A. Yani - Simpang Coca Cola atau Jl. Perintis Kemerdekaan Cemput.

2. Arteri Pondok Indah yang dimulai dari Simpang Kartini hingga Simpang Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

3. Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat.

4. Jalan HR. Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Uji coba perluasan ganjil-genap akan dilaksanakan pada Senin 2 Juni 2018 mendatang. Waktu uji coba itu akan dilaksanakan pada hari Senin hingga Minggu dimulai pada pukul 06.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. (Asp)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH