Dishub DIY Akan Revitalisasi Jalur Sepeda

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Kamis, 10 Juni 2021
Dishub DIY Akan Revitalisasi Jalur Sepeda
Jalur sepeda di DIY (MP/Teresa Ika)

Merahputih.com - Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan merevitalisasi jalur sepeda di wilayah DIY. Marka atau garis pembatas di jalur sepeda yang sudah ada akan lebih diperjelas.

Kepala Dishub DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti menuturkan berbeda dengan DKI, jalur sepeda di DIY tidak dibuat khusus mengambil satu jalur jalan. Hanya ada marka jalan serta gambar sepeda di jalur sepeda.

Baca Juga:

Dishub DKI Bakal Kaji Komprehensif Uji Coba Road Bike di Sudirman-Thamrin

Pasalnya jalanan di DIY tidak selebar DKI Jakarta. Jalanan di DIY rata-rata hanya terdiri dari empat jalur. Selain itu jalur sepeda baru ada di Kota Yogyakarta serta Kabupaten Sleman.

"Karena tidak berbentuk fisik, bentuknya hanya marka, jadi kurang begitu berefek, ya,. Maka kami revitalisasi," ujar Made di Yogyakarta, Kamis (10/06).

Dishub DIY akan segera mengkaji ruas-ruas jalan mana saja yang bisa disediakan jalur khusus sepeda. Made mengaku akan segera menggelar pertemuan dengan para kadishub kabupaten/kota untuk membahas realisasi transportasi yang nyaman serta ramah lingkungan di DIY. Salah satunya akan membahas infrasturktur sepeda di luar wilayah Kota Yogyakarta.

Jalur sepeda di DIY (MP/Teresa Ika)

"Kita selama ini sudah inisiasi, moda sepeda ini sudah tersambung (dengan angkutan umum). Kita ada rak sepeda di halte Trans Jogja. Tapi respons masyarakat kurang jadi perlu kita evaluasi lagi," imbuhnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogya, Agus Arif Nugroho mengungkapkan, saat ini segala infrastruktur sepeda telah disiapkan pihaknya.

Mulai dari marka khusus sepeda, rambu-rambu, hingga penunjuk jalur alternatif khusus sepeda. Menurut Agus, fasilitas-fasilitas itu telah disedikan hampir di seluruh wilayah Kota Yogyakarta.

Wakil Wali Kota Yogya, Heroe Poerwadi menjelaskan, Pemkot Yogya memang memiliki fokus untuk menjadikan wilayah ini sebagai kota pesepeda.

Baca Juga:

Polisi Siapkan Upaya Preventif Dalam Rangka Uji Coba Jalur Road Bike

Untuk mewujudkannya, dirinya telah berupaya untuk membuat komunitas-komunitas pesepeda mulai dari kalangan aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemkot Yogya.

Kami coba biasakan untuk bersepada meskipun belum jadi gerakan untuk ke kantor harus kita biasakan untuk sepeda," jelas Heroe. (Teresa Ika/Yogyakarta)

#Sepeda #Pesepeda #Bersepeda #Yogyakarta
Bagikan
Bagikan