Dishub Batalkan Penutupan Lalin di Bawah Fly Over Lempuyangan Fly Over Lempuyangan, Yogykarta (Foto: MP/Teresa Ika)

MerahPutih.Com - Rencana penutupan sejumlah fly over di Yogyakarta dibatalkan. Sebelumnya Dishub DIY menutup perlintasan fly over Janti dan rencananya fly over Lempuyangan, Yogyakarta bakal ditutup juga.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Wiryawan Yudho mengatakan penutupan ini ditunda karna pihaknya hendak melakukan studi kelayakan terlebih dahulu. Pasalnya lalu lintas kendaraan di atas dan bawah jembatan fly over saat ini padat merayap. JIka lalin dibawah jembatan tutup, dikhawatirkan akan menimbulkan kemacetan panjang di sekitar Lempuyangan.

Selain itu jembatan layang Lempuyangan tidak di design untuk dilintasi kendaraan yang padat dan diam (statis).

"Sudah kami sampaikan ke Pusat (kemehub) untuk menunda menutup lalu lintas di perlintasan Kereta Api di bawah jembatan layang," kata Wiryawan melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Senin (25/9).

Sementara itu Dinas PUPK Kota Yogyakarta menyarankan Dishub untuk melakukan uji kelayakan menyeluruh terlebih dahulu sebelum menutup lalu lintas. Uji kelayakan meliputi uji management lalu lintas dan uji penambahan beban pada jembatan.

"Kalau kendaraan di bawah di tutup, otomatis kendaraan pindah ke atas (fly over) semua. Jadi perlu dilakukan uji kelayakan paakah jembatannya bisa menampung beban kendaraan. Apakah nanti tidak menimbulkan kemacetan parah. Sudah saya komunikasikan soal ini (uji kelayakan) ke Pemda DIY," tutur Agus.

Penutupan ini untuk merespon instruksi dari Kemenhub sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 6 Tahun 2017 tentang Perkeretaapian. Palang pintu perlintasan dapat ditutup jika tidak memiliki izin dan mengganggu keselamatan dan kelancaran perjalanan kereta api dan lalu lintas jalan.

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Ikuti berita-berita menarik lainnya dari Yogyakarta dalam artikel: Pukat UGM: Halo Polisi, Kapan Kasus Novel Baswedan Dituntaskan?



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH