Disetujui Jokowi, Begini Penampakan Istana Ibu Kota Baru

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 05 Januari 2022
Disetujui Jokowi, Begini Penampakan Istana Ibu Kota Baru
Desain Istana Ibu Kota Negara. Foto: Nyoman Nuarta/@nyoman_nuarta

MerahPutih.com - Pemerintah akan memindahkan Ibu Kota Negara (IKN) baru ke Kalimantan Timur pada tahun 2024. Rancangan istana ibu kota baru sudah dibuat oleh Nyoman Nuarta.

Desain istana ibu kota baru dipamerkan Nyoman Nuarta di akun Instagramnya. Ia mengatakan, master plan itu sudah disetujui Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga

Kementerian PUPR Tunggu UU IKN Bangun Jalan Tol di Ibu Kota Baru

Ia menuturkan, rancangan istana ibu kota baru sudah dipresentasikan bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti.

"Terima kasih atas segala dukungannya untuk dapat meciptakan karya orisinil yang tidak di pengaruhi kaidah-kaidah arsitek kolonial," tulis Nyoman dalam unggahannya, Selasa (4/1).


Pematung asal Bali itu memposting tiga gambar desain istana presiden dalam unggahannya di @nyoman_nuarta. Sekilas, bentuk istana seperti burung yang tengah mengepakkan sayapnya.

Di tengah gedung Garuda tersebut, terdapat bangunan yang dilapisi kaca berwarna hijau. Struktur bangunan itu berada atas sebuah bukit dan dipisahkan dengan jalan.

Baca Juga

Komposisi Anggota Pansus RUU Ibu Kota Negara

Di seberang jalan, ada bangunan dengan atap yang ditutupi rerumputan hijau. Bangunan tersebut menghadap sebuah lapangan yang dilengkapi Bendera Merah Putih.

"Saya berjanji akan melimpahkan seluruh kemampuan saya untuk bisa sekuat tenaga untuk mewujudkan mimpi Indonesia memiliki Istana Negara yang unik indah nyaman beda dengan istana-istana yang ada di dunia dan bisa menjadi ikon. Dengan demikian pariwisata akan berkembang pesat. Terima kasih yang selalu mendukung penegakan harga diri bangsa," pungkasnya. (*)

Baca Juga

Calon Ibu Kota Dilanda Banjir, PKS: Early Warning Untuk Tidak Pindahkan IKN

#Breaking #Pemindahan Ibu Kota #Ibu Kota #Istana Negara
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan