'Disentil' JJ Rizal di Medsos, Pemprov DKI Bakal Tindak Mall di Lahan RTH Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah memberikan keterangan pers di Balai Kota Jakarta. Senin (16/12/2019) (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Merahputih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal menindak mall yang dibangun di lahan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Ibu Kota.

"Kalau perizinan enggak sesuai dengan RDTR (Rencana Detail Tata Ruang) nya, kami tegakkan saja," kata Sekertaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat Rabu (15/1).

Baca Juga:

Berani Ganggu Anies, Ormas Bang Japar Berdiri di Barisan Paling Depan

Hal itu dikatakannya menanggapi cuitan sejarawan JJ Rizal di media sosialnya.

Menurut Sekda, kunci awalnya dalam pembangunan mal itu mengenai tata ruang, cocok atau tidak tata ruangnya.

"Kemudian proses perizinannya benar atau tidak," papar mantan Wali Kota Jakarta Pusat ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah. (Foto: MP/Asropih)
Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah. (Foto: MP/Asropih)

Lewat Twitter, Rizal mengunggah laman berita soal pengusaha mal Jakarta minta kompensasi banjir. Menurut Rizal akan menarik jika permintaan itu "direspons dengan buka arsip Rencana Induk Jakarta 1965-85".

Pasalnya salah satu mal yang ada di simpang Tomang itu "menempati lahan RTH hutan kota Tomang." Rizal langsung mengatakan: "Ayo deh buka-bukaan biar jelas, kenapa bisa berubah jadi mal?"

Baca Juga:

Polda Jateng Dalami Motif Pendirian Keraton Agung Sejagat di Purworejo

Memang ada banyak wilayah resapan air dalam Rencana Induk Djakarta 1965-1985, yang sekarang berubah fungsi. Misalnya Kemang, Kelapa Gading, Pondok Indah, Angke. (Asp)

Kredit : asropih


Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH