Disebut Produk Non-Dairy Terkini, Apakah Oat Milk Sehat? Oat milk bisa jadi alternatif susu buat yang alergi laktosa. (foto: smallfootprintfamily.com)

UMUMNYA susu berasal dari produk turunan yang berasal dari sapi. Namun, beberapa orang yang punya alergi terhadap produk turunan dari susu sapi tak punya banyak pilihan untuk urusan susu.

Vegan atau mereka dengan intoleransi terhadap laktosa akan memilih susu nabati, seperti sari kedelai atau almond. Namun kini, ada pilihan lain, yakni susu gandum. Susu ini rasanya lebih mirip dengan susu dari sapi daripada yang lain. Oat milk (susu oat) merupakan alternatif susu bebas komponen sapi yang terbuat dari gandum.

Satu cangkir susu oat terdiri dari gandum, air, garam laut, dan kurang dari 2% minyak dan vitamin dan zat tambahan lainnya. Susu ini hanya memiliki 120 kalori, 5 gram total lemak, 16 gram karbohidrat, 2 gram serat, dan 7 gram gula yang hanya berasal dari gandum, tidak ditambahkan, serta 3 gram protein. "Dari sudut pandang gizi, susu gandum merupakan pilihan yang sehat," kata Keri Gans MS, RDN dan pemilik Keri Gans Nutrition di New York City.

oat milk
Susu oat berasal dari sari gandum. (foto: theonlinefarmersmarket)

Dengan 3 gram protein per porsi 8 ons, susu gandum lebih tinggi protein daripada susu alternatif tanpa pemanis populer lainnya lho, seperti susu almond, susu mete, susu kelapa, dan susu beras. Pada dasarnya, semua susu pengganti itu tidak mengandung protein.

Menurut Gans, susu oat juga memiliki salah satu kandungan serat jantung-sehat tertinggi dari semua produk susu dengan serat lebih dari 1 cangkir susu sapi 1%, yang tidak memiliki serat sama sekali. Meskipun 2 gram serat mungkin tidak terlalu banyak, jumlah serat harian yang disarankan untuk perempuan dewasa ialah 25 gram. "Serat penting karena memberikan manfaat kesehatan seperti regulasi glukosa darah, pengikatan kolesterol, pergerakan usus yang sehat, dan rasa kenyang," tambahnya.

oat milk
Punya kandungan protein cukup tinggi. (foto: healthline.com)

Susu oat juga merupakan alternatif yang baik untuk penderita alergi laktosa, kacang, dan gluten. Namun, jika kamu benar-benar bebas gluten, ia merekomendasikan untuk membaca label merek. “Sebagai aturan umum, gandum bebas gluten. Namun masalahnya ialah kebanyakan gandum diproses di pabrik-pabrik dengan gluten. Jadi, jika kamu memiliki penyakit celiac, jauh lebih baik untuk periksa terlebih dahulu dengan melihat bahwa produk itu dibuat dengan gandum bebas gluten besertifikat,” sarannya.(gsh)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH