Disebut Jadi Calon Kuat Ketua DPR, Begini Reaksi Puan Maharani

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 14 Mei 2019
Disebut Jadi Calon Kuat Ketua DPR, Begini Reaksi Puan Maharani
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani (tengah) memimpin Rapat Tingkat Menteri (ANTARA FOTO/HO/Humas Kemenko PMK)

MerahPutih.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani disebut menjadi calon kuat Ketua DPR periode 2019-2024 oleh koalisi Indonesia Kerja.

"Saya masih fokus jadi Menko PMK sampai akhir masa jabatan dan saat ini kan kita masih menunggu hasil real count suara pada tanggal 22 (Mei 2019). Jadi masih fokus pada hal tersebut. Belum ada pembicaraan di internal terkait penugasan atau posisi-posisi tertentu di tempat lain," kata Puan kepada wartawan di Jakarta, Selasa (14/5).

"Saya belum tahu, belum bicara sampai ke situ. Masih nunggu real count, kita tunggu saja," tambah Puan.

Puan membenarkan dirinya menjadi salah satu kandidat Ketua DPR RI mendatang.

Puan Maharani

"Ya mungkin kandidat. Tapi belum ada hal lain yang akan menjadi keputusan. Dan alhamdulillah sesuai UU MD3, partai pemenang pemilu dan sesuai suara proporsional nantinya yang menduduki pimpinan di DPR. Tapi siapa kemudian bagaimana kriteria dan lain-lain itu kan masalahnya ada di internal partai masing-masing," jelasnya.

Putri Megawati Soekarnoputri itu pun tak menampik jika dikatakan ada kandidat lain dari PDIP untuk mengisi kursi Ketua DPR. Namun dia kembali menegaskan hal itu belum diputuskan oleh partainya.

"Mungkin saja (ada kandidat lain). Saya belum bicara di internal seperti apa, karena kita masih menunggu hasil real count KPU 22 Mei," sebut Puan.

Berdasarkan UU MD3 No 2/2018, kursi Ketua DPR diberikan kepada parpol dengan raihan suara terbanyak.

PDIP diprediksi memiliki kursi Ketua DPR karena unggul di posisi pertama versi hitung cepat dan rekapitulasi sementara Pileg 2019. Mereka diprediksi meraih 133 kursi DPR. (Knu)

#Puan Maharani
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan