Disebut Calon Kuat Menteri Agama, TGB: Saya Lebih Baik Menyebarkan Ukhuwah Tuan Guru Bajang (TGB) berfoto bersama warga usai salat Jumat di Masjid Tegalsari, Kelurahan Bumi, Kecamatan Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (19/7).(MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) angkat bicara terkait kemunculan namanya sebagai Menteri Agama dalam Kabinet Kerja Jilid II pemerintahan Jokowi-Ma'ruf periode 2019-2024.

"Tidak usah ditanyakan dan tidak perlu dikomentari soal itu (jabatan Menteri Agama). Saya lebih baik menyebarkan ukhuwah (persaudaraan) pada masyarakat saja," ujar TGB saat ditemui MerahPutih.Com usai mengisi khutbah Salat Jumat di Masjid Tegalsari, Kelurahan Bumi, Kecamatan Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (19/7).

Baca Juga: Wagub NTB Dukung TGB Masuk Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Politisi Golkar ini menegaskan soal urusan menteri sepenuhnya adalah kewenangan Presiden Jokowi. Pihak lain tidak perlu melakulan pengarahan apalagi melakukan intervensi.

Tuan Guru Bajang salat Jumat di Solo
Tuan Guru Bajang (TGB) menemui warga usai salat Jumat di Masjid Tegalsari, Kelurahan Bumi, Kecamatan Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (19/7).(MP/Ismail)

"Serahkan semua pada Presiden Jokowi," kata dia.

Sementara itu, saat khutbah Salat Jumat di Masjid Tegalsari, Kelurahan Bumi, Kecamatan Laweyan, Solo, Jawa Tengah, TGB berpesan pada masyarakat agar tidak menyebar berita hoaks karena itu dapat memperpecah tali persaudaraan antar umat beragama.

"Indonesia merupakan negara Islam terbesar di dunia, tetapi rawan terjadi guncangan akibat saling menghujat serta menyebar ghibah dan fitnah," papar TGB.

Baca Juga: TGB Bongkar Rahasia Mengapa Jokowi Tetap Kalem Meski Unggul di Quick Count

Mantan Gubernur Nusa Tengara Barat (NTB) dua periode ini menjelaskan menjaga ukhuwah itu sangat penting untuk memperkokoh umat beragama. Dalam menjaga ukhuwah, kata dia, tanpa harus melihat dari mana asalnya dan agamanya apa.

"Jangan melemahkan persaudaraan dalam bentuk apapun. Lebih baik saling tolong menolong dalam kebaikan. Pesan saya terakhir mari berperasangka baik dan memberikan kepercayaan pada orang lain," tutup TGB.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, repoter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga: TGB Bongkar Rahasia Mengapa Jokowi Tetap Kalem Meski Unggul di Quick Count



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH