Disdik DKI Buka Jalur Baru PPDB Petugas melayani warga yang melaporkan anaknya usai lolos dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021 melalui jalur zonasi di Posko Pelayanan PPDB Jakarta Pusat, Jakarta, Selasa

MerahPutih.com - Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta akan membuka jalur baru pendaftaran peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2020-2021 yang dinamakan "Zonasi Bina RW Sekolah". Nantinya jalur ini disiapkan dengan menambah rasio jumlah siswa per kelas dari 36 siswa menjadi 40 siswa.

"Kami akan membuka jalur zonasi untuk RW sekolah," kata Kepala Disdik DKI Jakarta Nahdiana saat menjadi narasumber dalam diskusi virtual melalui aplikasi Zoom, Selasa (30/6).

Baca Juga:

Ribut-Ribut PPDB di DKI Dominasi Aduan ke KPAI

Nahdiana mengatakan, jalur baru PPDB ini untuk mengakomodir siswa yang tinggal dekat satu RW dengan sekolah, tetapi tidak bisa mendaftar masuk sekolah negeri.

Meski melakukan penambahan, Nahdiana menegaskan, jalur ini tidak akan mengganggu PPDB Jalur Prestasi yang akan digelar dari 1 Juli hingga 3 Juli 2020.

Tangkapan layar, konferensi pers Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Nahdiana, Senin (29/6/2020) (ANTARA/Laily Rahmawaty)
Tangkapan layar, konferensi pers Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Nahdiana, Senin (29/6/2020) (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Penambahan kapasitas siswa ini, ucap Nahdiana, melihat pertimbangan tingginya animo siswa yang tetap ingin mengenyam ilmu di sekolah negeri.

Nahdiana mengungkapkan, Jalur Zonasi Bina RW Sekolah ini akan dibuka pada 4 Juli mendatang sehari setelah seleksi jalur Prestasi Akademik.

"Jalur baru ini akan resmi dibuka pendaftarannya pada Sabtu, tanggal 4 Juli 2020 mendatang," ungkap dia.

Baca Juga:

Selesai PPDB, Komisi E DPRD Panggil Disdik DKI

Dia mengaku, pihaknya pun sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait pembukaan jalur ini.

"Dalam setiap RW jumlah penduduknya berbeda-beda, sehingga kalau ada jumlah pendaftar yang cukup banyak melebihi kuota pada jalur ini akan diberlakukan syarat seleksi yang sama, yakni usia," pungkas Nahdiana. (Asp)

Baca Juga:

Anak Buah Anies Klaim PPDB DKI Ikuti Aturan Main Nadiem Makarim

Kredit : asropih


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH