Pesona Indonesia

Disbudpar Aceh Matangkan Persiapan Jelang Sail Sabang

Eddy FloEddy Flo - Sabtu, 11 November 2017
Disbudpar Aceh Matangkan Persiapan Jelang Sail Sabang
KRI Bima Suci akan ikut dalam ajang Sail Sabang 28 November mendatang. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

MerahPutih.Com - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi menaytakan persiapan Sail Sabang yang akan dilaksanakan pada 28 November-5 Desember 2017 sudah mencapai 80 persen.

"Ya, sekarang sudah 80 persen persipannya," kata Kepala Disbudpar Aceh Reza Fahlevi saat ditanyai persiapan Sail Sabang di Pelabuhan Ulee-Lheue, Banda Aceh, Sabtu (11/11).

Persiapan Sail Sabang tidak hanya dilakukan di kepulauan paling ujung barat Indonesia, bahkan panitia pusat (Kementerian Pariwisata) rutin menggelar rapat untuk kesiapan penyelenggaraan even tahunan nasional tersebut.

"Panitia pusat dan kita sering memanggil semua pihak yang terlibat duduk bersama membahas persiapan Sail Sabang," katanya lagi.

Mantan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banda Aceh itu juga menyatakan, mulai pekan depan panitia pusat dan daerah akan bekerja ekstra di lapangan untuk menyukseskan Sail Sabang.

"Untuk menyukseskan Sail Sabang minggu depan panitia pusat dan daerah lebih banyak di Sabang agar perhelatan even nasional itu berlangsung meriah dan sukses," ujar Reza Fahlevi sebagaimana dilansir Antara.

Sail Sabang mengangkat tema "Menuju Sabang Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia" dan direncanakan akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada tanggal 2 Desember 2017.

Ada pun lokasi penyelenggaraan Sail Sabang kali ini difokuskan pada empat titik yakni Teluk Sabang atau Pelabuhan CT3 Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), Sabang Fair, Gapang Resort, dan Tugu Kilometer Nol Indonesia.

Saat perhelatan Sail Sabang ditargetkan sebanyak 5.000-an wisatawan domestik dan internasional akan berkunjung ke Sabang untuk menyaksikan berbagai antrasi diantaranya, KRI Bima Suci, KRI Dewa Ruci, tarian massal, "Sabang wonderful expo", "Aceh fun dive", "international aerobatic show", "international diving competition", festival kopi dan kuliner.

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah saat berkunjung ke Sabang menyatakan, Sail Sabang merupakan proyek negara untuk menjadi kepulauan paling ujung barat Sumatera sebagai gerbang Indonesia.

"Sail Sabang itu bukan sekedar pekerjaan Event Organizer (EO) akan tetapi proyek negara untuk mejadikan Sabang sebagai pintu masuk paling barat Indonesia," kata Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah.

Menurut Fahri, menjelang pelaksanaan Sail Sabang harusnya pemerintah pusat sudah menghiasi lokasi-lokasi pelaksanaan even nasional tersebut serta memperbaiki segala infrastrutur yang representatif.

"Sekarang terlihat dilokasi pelaksanaan Sail Sabang masih sepi, padahal acaranya sebulan lagi. Seharus pemerintah jauh-jauh hari sudah memperbaiki pintu masuk Indonesia dan menunjukkan kepada dunia wajah Indonesia dari ujung negeri," kata politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.(*)

#Sabang #Wisata Aceh #Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Aceh Reza #Fahri Hamzah
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan